web analytics

ISAIS UIN SUSKA RIAU : TAJA SHORT COURSE OF MANAGING DIVERSITY

uin-suska.ac.id Indonesia terdiri dari berbagai suku agama, ras dan antar golongan yang tersebar di berbagai daerah. Dengan keberagaman itu sangat rentan terjadi tindak kekerasan, intoleransi dan diskriminasi. Oleh sebab itu Institute For South-East Asian Islamic Studies (ISAIS)  Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau menggelar Short Course of Managing Diversity di Pesona Hotel Pekanbaru selama tiga hari (21 s.d. 23/02/ 2020).

Kegiatan yang diikuti oleh dosen-dosen muda UIN Suska Riau ini dibuka secara langsung oleh Direktur ISAIS,  Dr Alimudin Hassan, M.Ag pada Kamis (20/02/2020) Pukul 20.00 WIB. Dalam sambutannya, Beliau berharap agar dosen-dosen muda UIN Suska Riau menjadi aktor yang menyemai keberagaman di Riau umumnya dan di UIN Suska Riau khususnya, membangun kesadaran kebersamaan dan mengutamakan cara hidup yang baik sesama anak bangsa.

Sekretaris ISAIS, Imam Hanafi, MA juga berharap dengan adanya kegiatan ini akan menghidupkan kembali keindahan keberagaman yang pernah dirasakan di Indonesia. “Selama tiga hari ini akan di bahas bagaimana mengelola keberagaman yang ada di Indonesia layaknya menjadi miniatur langit yang indah”. Ungkapnya.

Sesuai dengan agenda kegiatan, hari pertama akan dibahas perbedaan-perbedaan yang muncul di tengah peserta dan bagaimana memanage perbedaan itu agar tidak muncul pertikaian. Di hari kedua akan memetakan persoalan-persoalan terkait keberagaman menjadi solusi dan di hari ketiga refleksi aksi, bagaimana aksi tepat menyikapi persoalan keberagaman.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, ISAIS UIN Suska Riau bekerjasama dengan Center for Religious and Cross-cultural Studies (CRCS)  UGM dan The Asia Foundation.

Humas       : UIN Suska Riau

Penulis       : Azmi/Robil

Fotografer : Lasma Sari

Editor         : Kasubag Humas