web analytics

Dibagi dalam dua Sesi Sidang Senat Terbuka, UIN Suska Riau Kembali Wisuda 1.395 Wisudawan

uin-suska.ac.id – Tahun Ajaran 2015/2016, UIN Suska Riau kembali melaksanakan prosesi Wisuda periode IV program Doktor ke 11, program Magister ke 39 dan program Sarjana dan Diploma III ke 58. Ada sebanyak 1.395 orang Wisudawan yang di Wisuda yang dibagi dalam dua sesi sidang senat terbuka. Hal ini mengingat kapasitas gedung PKM tempat pelaksanaan wisuda yang terbatas.

Sesi pertama dilaksanakan Sabtu (27/8/2016), dengan wisuwan sebanyak 799 orang. Terdiri dari program Doktor sebanyak 2 orang, program Magister 106 orang, Fakultas Psikologi 27 orang, Fakultas Ushuluddin 18 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 56 orang, Fakultas Pertanian dan Peternakan 32 orang, Fakultas Syari’ah dan Hukum 113 orang, Fakultas Sains dan Teknologi 95 orang, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial 192 orang dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 152 orang. Sedangkan sesi kedua dilaksanakan Minggu (28/8/2016), dengan wisudawan sebanyak 596 orang. Terdiri Fakultas Psikologi 11 orang, Fakultas Ushuluddin 4 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 56 orang, Fakultas Pertanian dan Peternakan 11 orang, Fakultas Syari’ah dan Hukum 67 orang, Fakultas Sains dan Teknologi 186 orang, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial 33 orang dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 186 orang

Prosesi acara diawali dengan arak-arakan para wisudawan yang diiringi alat tradisional Kompang, memasuki ruang acara gedung PKM UIN Suska Riau. Tak lama berselang, giliran Rektor UIN Suska Riau, beserta Ketua Senat Uni versitas dan anggota, memasuki ruangan upacara yang juga diarak dengan alat tradisional Kompang.

Tepat pukul 8.30 WIB, Sidang Terbuka Senat Universitas digelar. Sidang dibuka langsung ketua Senat Universitas, Prof Dr H M Nazir. Suasana terasa Khidmat, yang sebelumnya diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, dan alunan Hymne dan Mars UIN Suska Riau yang terdengar membahana. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Suska Riau Prof Dr H Munzir Hitami, MA mengungkapkan, Gelar Akademik yang telah saudara raih tak akan berarti apa-apa tanpa diaktualisasikan dalam bentuk karya nyata ditengah masyarakat. Karenanya kiprah dan karya nyata para wisudawan menjadi indikator UIN Suska Riau dalam menghasilkan genarasi berkarakter islami yang kokoh aqidahnya, mantap ibadahnya, mulia akhlaknya luas dan dalam ilmu dan wawasannya, mapan ketrampilan hidupnya, tinggi etos kerjanya.

Pada kesempatan itu, Rektor juga menyampaikan beberapa pikiran pokok tentang strategi pengembangan UIN Suska Riau dalam pencapaian visi. Dimana, kebijakan dan program prioritas akan dilakukan secara bertahap berdasarkan rencana strategis UIN Suska Riau 2014-2018. Strategi pengembangan UIN Suska Riau 2014-2018, berfokus pada lima pilar utama. Yaitu meliputi, peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran berbasis integritas keilmuan; peningkatan mutu penelitian yang mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berbasis integritas ilmu; mengintensifkan peran UIN Suska Riau dalam mengnembangkan masyarakat berkeadaban; penguatan system manajemen UIN Suska Riau; dan peningkatan sumber daya insani. Kebijakan strategis ini, dioperasikan dalam bentuk program dan sub program kegiatan yang dilaksanakan pada tiap fakultas, lembaga atau unit kerja dilingkungan UIN Suska Riau.

UIN Suska Riau juga memberikan piagam penghargaan dan cenderamata pada pemuncak peraih indeks prestasi tertinggi. Diantaranya, dari program Doktor Muhammad Fauzan, dengan IPK 3.89, Cumalude. Dari Fakultas Ushuluddin Rizki Ayu Dian Roza dengan IPK 3.58 cumlaude. Fakultas Psikologi Rika Aulya Purnama, IPK 3.69 Cumlaude. Fakultas Pertanian dan Peternakan, M. Ridha Pahlipi IPK 3.73 cumlaude. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Roshuful Qolbi, IPK 3.78 cumlaude. Fakultas Sains dan Teknologi, Erwin Syah IPK 3.79 cumlaude. Fakultas Syari’ah dan Hukum Riadul Apkar IPK 3.82 cumlaude. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Kurnia Fatma IPK 3.71 Cumlaude dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Syarifah Aini Nainggolan, IPK 3.81 cumlaude, serta Program D3 Murni Astuti dengan IPK, 3.72 Cumlaude. Sedangkan Wisudawan terbaik universitas, diraih Muhammad Fauzan dari program Doktor dan Riadul Apkar dari Fakultas Syari’ah dan Hukum.

 

 

Penulis : Suardi
Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id