web analytics

Tingkatkan Sistem Informasi Akademik TA 2015/2016 UIN Suska Riau Luncurkan iRaise pengganti SIMAK

uin-suska.ac.id Saat tim liputan Suska News bertandang ke ruangan Wakil Rektor I UIN Suska Riau, Dr. Hj. Helmiati, M.Ag Kamis, (25/6/2015), kebahagiaan tampak tersirat di wajah Wakil Rektor Bidang Akademik itu. Terlebih ketika pembicaraan mengarah pada pengembangan Sistem Informasi Mahasiswa dan Akademik yang dulu dikenal dengan SIMAK. Ia mengaku saat ini merasa lebih lega. Karena “PR” yang diembankan Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Munzir Hitami, MA untuk meningkatkan pelayanan sistem informasi Akademik sesuai bidang kerjanya, perlahan mulai menemukan titik terang.

 Hal itu seiring diluncurkannya sistem informasi mahasiswa dan akademik yang baru sebagai pengganti SIMAK untuk diberlakukan mulai Tahun Akademik 2015/2016 ini di  UIN Suska Riau. Sistem Informasi yang merupakan generasi ke tiga UIN Suska Riau itu, dinamakan  Integrated Academic Information System (iRaise). iRaise sendiri merupakan hasil kerjasama dengan Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Suska Riau yang mem “bidani” proses lahirnya aplikasi baru tersebut.

Diceritakan Helmiati, terkait perbaikan konten iRaise sendiri, telah mulai dilakukan secara sistematis sejak awal tahun 2015 ini. Mulai dari penetapan kurikulum inti (core) universitas,  core fakultas dan core prodi serta penataan kembali kode mata kuliah. Kegiatan tersebut selain melibatkan para Dekan juga melibatkan para wakil Dekan bidang akademik dan ketua prodi di lingkungan UIN.

Pengembangan Sistem Informasi Akademik Terpadu (iRaise) menjadi urgent, mengingat jumlah mahasiswa UIN Suska Riau yang kian pesat. “Saat ini jumlah mahasiswa kita telah mencapai 30 ribu, sehingga tidak memungkinkan lagi untuk dilakukan layanan secara manual mengingat terbatasnya jumlah pegawai dan SDM lainnya. Karena itu kita  memerlukan sistem layanan informasi dan akademik yang lebih efektif dan efisien. Selain itu, iRaise menjadi urgent terkait kebutuhan UIN  untuk melaporkan kegiatan akademik secara on line setiap semester melalui PD DIKTI.  Dengan adanya iRaise,  pelaporan PD DIKTI setiap semester menjadi relatif lebih mudah karena sebagian besar data yang diperlukan sudah tersedia dalam aplikasi iRaise dan tinggal dilakukan proses migrasi data”, ujar Helmiati.

Helmiati juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Team PTIPD  yang dipimpin Benny Sukma Negara, ST, MT yang telah berhasil mengembangkan aplikasi ini. Uji coba dan simulasi pun telah dilakukan, begitu juga sosialisasi ke seluruh fakultas melalui surat edaran rektor terkait perubahan SIMAK menjadi iRaise. Intinya, mulai TA 2015-2016 sistem informasi yang dulu lebih dikenal dengan SIMAK pada portal http://simak.uin-suska.ac.id berpindah ke sistem iRaise dengan portal http://iraise.uin-suska.ac.id . dalam proses perpindahannya, portal SIMAK akan tetap dibuka sampai tanggal 30 Agustus 2015.

Kepada mahasiswa juga dihimbau agar membandingkan semua nilai data, yang ada pada portal SIMAK dengan portal iRaise. Jika menemukan perbedaan data, baik nilai semester dan data lainnya, agar menghubungi PTIPD UIN Suska Riau. Bisa lewat group facebook iRaise Helpdesk dengan alamat https://www.facebook.com/groups/iraisehelpdesk atau langsung ke bagian informasi dan pelayanan PTIPD, gedung Pusat Komputer lantai I UIN Suska Riau.

Masih terkait kelancaran iRaise, Jum’at (26/6/2015), seluruh admin pada tiap-tiap Fakultas oleh PTIPD UIN Suska Riau, juga diberikan pelatihan terkait sistem informasi baru ini. Acara digelar di gedung Pusat Komputer  UIN Suska Riau

Sementara itu kepala PTIPD UIN Suska Riau, Benny Sukma Negara, ST, MT mengungkapkan, setelah melalui serangkaian uji coba dan simulai,  dari segi keamanan iRaise terbukti  lebih powerfull. Begitu juga segi framework, iRaise dirancang dengan tampilan lebih keren dengan fitur-fitur lebih mudah, efisien dan sinkron dengan PD DIKTI. Aplikasi ini juga mudah beradaptasi dengan berbagai program yang ada. PTIPD optimis iRaise siap untuk digunakan TA 2015/2016 ini. Ungkap Benny yakin.

Benny juga menjelaskan  iRaise merupakan aplikasi terpadu dan terintegrasi, sesuai nama yang disematkan padanya. Tak hanya terkait informasi akademik, namun juga informasi-informasi lainnya seperti data laporan pimpinan, wisuda online dan aplikasi sistem informasi lainnya.

Semoga aplikasi ini akan lebih bermanfaat dan memberikan kemudahan sesuai harapan kita bersama tutup Benny. Dengan demikian, dalam  empat bulan terakhir, PTIPD UIN Suska Riau sudah melahirkan lima aplikasi. Diantaranya aplikasi PMB, CAT, Sireg, iRaise dan aplikasi alumni .

Penulis: Suardi
Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id

Leave a Reply