web analytics

UIN Suska Riau Sediakan Beasiswa Bagi Hafiz Qur’an

uin-suska.ac.id  Janedi (41) warga Desa Teratak, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, terlihat begitu bahagia, saat menceritakan putri Sulungnya, yang bersekolah di salah satu pesantren di Pekanbaru telah berhasil dalam hafalan Qur’annya sejumlah 8 Juz. Namun dibalik kebahagiaannya itu, ternyata terbesit kekhawatiran, seiring makin sulitnya ekonomi keluarga mereka, Janedi takkan sanggup lagi menanggung biaya untuk kelanjutan kuliah putrinya tersebut.

Namun mulai tahun ini, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, akan memberikan beasiswa kuliah kepada siapa saja yang telah hafal Alqur’an minimal 5 Juz. Hal itu diungkapkan rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami MA saat ditemui diruang kerjanya Kamis (10/4).

Kesempatan beasiswa juga terbuka bagi siswa diseluruh dunia yang ingin melanjutkan pendidikan ke UIN Suska Riau dan PTAIN di Indonesia. “karena beasiswa ini juga di back up kementrian Agama Republik Indonesia. Di UIN Suska Riau selain beasiswa pendidikan hingga selesai  Strata 1 selama 4 tahun, juga diberikan asrama dan biaya hidup bagi mahasiswa terpilih. “Penerima beasiswa boleh memilih prodi dibawah fakultas mana saja di UIN Suska Riau. Bahkan akan ada tambahan pembinaan tahfiz kusus di Ma’had Al-jami’ah di UIN Suska Riau” ujar rektor.

Sebenarnya sejak tahun 2010 silam UIN Suska Riau telah punya program khusus bagi penerima beasiswa hafiz Qur’an. Dimana, mereka dimasukkan dalam program kelas Internasional, namun masih sebatas prodi  Alqur’an Hadist. Kedepan melalui program beasiswa ini, UIN Suska Riau diharapkan dapat melahirkan ulama-ulama yang menguasai berbagai disiplin ilmu dengan integrasi Islam.

Terkait mahasiswa kelas Internasional di UIN Suska Riau, saat ini terdiri dari mahasiswa-mahasiswa dari berbagai Negara. Tahun depan, UIN Suska Riau dijadwalkan akan membuka pengkaderan ulama bekerjasama dengan MUI. “UIN Suska Riau saat ini memiliki mahasiswa dari Kamboja, dimana hafalan dan bacaan alqur’annya sangat bagus. Sebentar lagi pendidikannya selesai” ucap rektor.

UIN Suska akan membuka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), bagi siswa yang telah selesai Ujian Nasional (UN) mulai 11 Mei mendatang. Cara pendaftarannya bisa via online dengan mengunjungi laman SBMPTN yang juga link dengan Website kampus uin-suska.ac.id.” Kita berharap para siswa dalam negeri bisa termotivasi meningkatkan hafalan Alqur’annya.  Ketimbang besiswa hafalan Aqur’an ini semuanya diraih siswa-siwa dari luar negeri” ungkapnya.

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id

Leave a Reply