web analytics

Talk Show Daerah dan Pelantikan Pengurus BEM UIN Suska Riau 2015-2016; Proaktif Memilih Hal-hal Membawa Kebaikan

uin-suska.ac.id Sejak pagi Selasa (28/4), dengan wajah-wajah sumringah para mahasiswa UIN Suska Riau mulai terlihat memadati ruang Auditorium lantai II Gedung Islamic  Center UIN Suska Riau. Sebagian dari mereka merupakan para aktivis kampus, mulai dari tingkat jurusan fakultas dan universitas.

Pagi itu akan dihelat dua acara sekaligus. Yakni Talk Show Daerah dengan mengangkat tema “Sinergitas UIN Suska Riau dalam menjadikan Pekanbaru Kota Metropolitan Madani”. Dimana, keynote speaker langsung  walikota Pekanbaru, H. Firdaus, ST, MT, dan pembicara kepala Imigrasi Provinsi Riau serta Prof Dr H Alaidin Koto, MA yang juga merupakan guru besar UIN Suska Riau. Bersempena dengan itu, juga digelar pelantikan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UIN Suska Riau “kabinet sinergi” periode 2015-2016.

Seperti diungkapkan ketua panitia acara, Insanul Kamil, meski memiliki waktu sangat terbatas dalam persiapan, berkat semangat para panitia yang terdiri dari para aktivis, akhirnya acara tersebut bisa digelar. Ia juga menambahkan, Talk Show Daerah dan pelantikan BEM UIN Suska Riau ini, juga dihadiri oleh para utusan BEM kampus-kampus yang ada di Riau.

Sementara itu, Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA dalam sambutannya mengatakan, sangat menyambut baik kegiatan ini. Apalagi tema yang diangkat sangat bagus, sesuai dengan moto Kampus UIN Suska Riau, yakni “Islami Madani”. Rektor berharap kegiatan ini akan membawa manfaat bagi kampus UIN Suska Riau sendiri, dan bersinergi dengan kota metropolitan dalam hal ini Pekanbaru. “Pekanbaru merupakan kota tempat tinggal kita, dan perlu dijaga bersama-bersama agar nyaman untuk didiami” ujar rektor. Membangun Pekanbaru tidak cukup hanya dengan bicara, namun perlu kerja-kerja kita bersama.

Terakhir, rektor berpesan kepada para mahasiswa yang hadir, terutama anggota BEM yang akan dilantik, agar proaktif memilih hal-hal yang bisa membawa kebaikan. “khusus bagi anggota BEM terpilih, yang didahulukan selangkah, anda sudah dipercaya” ungkap rektor. Untuk itu mari sama-sama bersinergi bersama dosen, karyawan dan pimpinan UIN Suska Riau dalam menjaga citra kampus. Berbuatlah yang terbaik untuk kita, masyarakat dan umat”. Ungkap rektor.

Pada kesempatan tersebut rektor juga melantik  dan mengambil sumpah presiden BEM UIN Suska Riau terpilih, Robi Rendra Tribuana dan Wapres Isnanto Abadi bersama para menteri yang dijuluki “kabinet  sinergi” periode 2015-2016, sekaligus serah terima jabatan.

Metropolitan Fisik , Madani adalah Jiwa

Semantara itu, sebagai keynote speaker walikota Pekanbaru, H Firdaus, ST, MT mneyampaikan ekspose tentang kota Pekanbaru. Dimana, tahun ini kota pekanbaru memasuki usia ke 321. Walikota juga menceritakan bagaimana perjalanan sejarah kota Pekanbaru, visi misi kota Pekanbaru, dan visi kepala daerah sekarang dibawah kepemimpinannya.

Diungkapkan walikota, metropolitan dan madani merupakan dua unsur berbeda. Jika diibaratkan, madani merupakan jiwa dan metropolitan adalah fisik kota Pekanbaru itu sendiri.” Keduanya perlu dibangun” ungkap Firdaus. Jika diterjemahkan secara nyata, madani merupakan kondisi masyarakat religius agamis. Indikasinya, disipilin, taat hukum, tolerensi, gotong royong dan mencintai kebersihan. “Hal seperti inilah yang perlu kita wujudkan” ujar walikota semangat. Untuk itu perlu dilakukan dilakukan pembangunan hal-hal yang terkait dengan peningkatan kesejahteraan masyrakat.

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id

Leave a Reply