web analytics

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) jalur Nasional Prodi Umum dan Prodi Agama UIN se Indonesia dipilah

uin-suska.ac.id Aida Noviani gadis belia berkulit putih, ditemani dua teman sebayanya tampak canggung melangkah memasuki pintu belakang gedung rektorat UIN Suska Riau. Setelah sempat berkeliling melongok kesana kemari, akhirnya ia memberanikan diri bertanya pada salah seorang staf akademik yang kebetulan sedang berdiri di depan papan informasi tempat Aida dan dua temannya mondar mandir.

Ternyata para gadis belia yang masih tercatat sebagai siswa SMU 2 Air Tiris Kampar itu, sengaja datang ke UIN Suska Riau, ingin menanyakan langsung perihal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) untuk salah satu Program Studi (Prodi) Agama di UIN Suska Riau yang menjadi incarannya. Sebab tak seperti tahun sebelumnya, pada Seleksi Nasionl Penerimaan Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang didaftarkan beberapa pekan lalu, tak muncul tawaran untuk prodi agama di UIN Suska Riau. Ternyata, tak hanya Aida yang mempertanyakan hal itu. Sebelumnya menurut staf akademik ini, ada beberapa siswa dari Sekolah Menengah lainnya di Riau yang mempertanyakan hal sama. Padahal jauh sebelum SPMB UIN Suska Riau dibuka, tim sosialisasi dari UIN Suska Riau telah mendatangi sekolah-sekolah menengah yang ada di Riau, guna mensosialisasikan hal ini. Begitu juga di laman www.uin-suska.ac.id

Saat perihal ini coba di konfirmasikan pada Waklil Rektor I UIN Suska Riau, Dr Hj Helmiati, M.Ag, beliau pun tak menampik hal tersebut. “jauh-jauh hari, sebenarnya kita telah mensosialisasikan hal itu. Memang berdasarkan kebijakan pemerintah, memang untuk tahun 2015 ini ada pemilihan dan pemisahan SPMB secara nasional untuk prodi agama dan prodi umum. Hal ini dilakukan demi efisiensi biaya yang ditanggung Negara. Imbasnya, memang bebas biaya bagi calon mahasiswa yang mendaftar.” ungkapnya saat ditemui diruang kerjanya Kamis (26/3) kemarin.

Ditambahkan Helmiati, SPMB bagi calon pendaftar yang memilih prodi Umum di UIN Suska Riau adalah melalui jalur SNMPTN dalam bentuk seleksi prestasi sekolah dan akademik dan SBMPTN dalam bentuk ujian tulis. Kedua jalur ini diselenggarakan dibawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan berlaku untuk seluruh universitas negeri di seluruh Indonesia termasuk seluruh UIN. Dimana proses SNMPTN pendaftarannya telah berakhir hingga (15/3) lalu.

Sedangkan pendaftar yang memilih prodi agama, lanjut Wakil Rektor Bidang Akademik ini, bisa melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dalam bentuk prestasi sekolah dan akademik dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dalam bentuk ujian tulis. Keduanya diselenggarakan dibawah Kementerian Agama (Kemenag) dan berlaku untuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) di seluruh Indonesia.”Makanya, calon mahasiswa yang mendaftar tidak akan menemukan tawaran prodi agama pada jalur SNMPTN atau SBMPTN. Begitu juga sebaliknya, mereka tidak akan menemukan tawaran prodi umum melalui jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN” ungkap Helmiati menambahkan. Adapun pendaftaran jalur SPAN-PTKIN ini telah dibuka sejak (28/2) lalu hingga (25/4) mendatang.

Untuk mengetahui pembagian prodi ini, sebenarnya UIN Suska Riau juga telah membuat daftar kategorisasi prodi umum dan prodi agama. Selain sudah tercantum di laman jalur-jalur masuk tersebut, daftar prodi-prodi umum dapat dilihat pada http://www.snmptn.ac.id. Sedangkan untuk daftar prodi-prodi agama dapat dilihat pada http://span-ptain.ac.id.

Namun demikian untuk mengakomodir permintaan masyarakat , UIN Suska Riau juga menyelenggarakan SPMB Mandiri. Pada jalur ini, calon pendaftar mendapat tawaran seluruh prodi yang ada di UIN Suska, baik prodi umum maupun prodi agama. Pendaftaran untuk jalur ini dilakukan melalui laman http://pmb.uin-suska.ac.id. Dimana pendaftarannya telah dibuka sejak 9 februari lalu, hingga 6 April mendatang. Ungkap Helmiati

Penulis : Suardi, M.I.kom
Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

 

redaksi@uin-suska.ac.id

Leave a Reply