web analytics

PASCASARJANA UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU ANTAR PURNABHAKTI PROF. DR. H. MUNZIR HITAMI DENGAN KEGIATAN BEDAH BUKU “DI UJUNG WAKTU”

uin-suska.ac.id Bertempat di Gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) Rabu (22/5/2024) Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengelar kegiatan Bedah Buku “Di Ujung Waktu” bersempana dengan masa purnabhakti Prof. Dr. H. Munzir Hitami, M.A. Kegiatan ini di hadiri oleh para pimpinan dan Civitas Akademika di lingkungan UIN Suska Riau. Acara Bedah Buku “Di Ujung Waktu” menjadi momen istimewa bagi Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan perayaan masa purnabhakti Prof. Dr. H. Munzir Hitami, M.A., yang tentunya menjadi penghormatan atas dedikasi dan kontribusi dalam dunia akademik.

Kehadiran para pimpinan dan civitas akademika UIN Suska Riau menambah makna acara tersebut. Diskusi yang berlangsung dalam bedah buku memberikan wadah bagi para hadirin untuk memahami lebih dalam isi karya yang dibahas serta memperingati perjalanan akademik Prof. Dr. Munzir Hitami, M.A. Tentu saja, semangat keilmuan dan penghargaan atas karya akademik menjadi landasan utama dalam acara tersebut. Kebersamaan dan interaksi para hadirin juga menjadi momen berharga untuk mempererat silaturrahmi dan menginspirasi satu sama lain dalam menjalani perjalanan akademik dan pengabdian pada ilmu pengetahuan. Adanya acara semacam ini memberikan kesempatan bagi para akademisi dan mahasiswa untuk terlibat dalam diskusi yang mendalam, menggali gagasan baru, dan merayakan pencapaian akademik. Semoga acara ini menjadi langkah awal untuk lebih memperkuat komunitas akademik di UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

“Prof. Munzir Hitami pernah menjadi Dekan Fakultas Tarbiyah dan keguruan tahun 2005 dan tidak sedikit beliau memberikan pemahaman dan masukan-masukan kepada kita semua dimana diantara yang beliau sumbangkan dan berikan kepada kita adalah pemikiran integrasi ilmu yang salah satunya merupakan ujung tombak yang akan dicapai oleh UIN Suska Riau. Beliau adalah tokoh di bidang integrasi ilmu dalam pembelajaran dan pengajaran yang selalu menyampaikan kepada kita semua. Insya Allah kita akan terus melaksanakan hal tersebut karena sudah tertuang dalam visi dan misi UIN, dimana visi dan misi semua unit yang ada di UIN ini termasuk Fakultas Tarbiyah dan Keguruan diantaranya adalah membentuk tenaga kependidikan yang luas ilmu dan wawasannya, berintegritas terpadu dengan keislaman. Itu ucapan kami kepada tuan guru atas jasa dan warisan ilmu kepada kita semua agar menjadi ilmuan dan lembaga yang mewariskan ilmu tersebut.” Ucap Dr. Kadar, M.Ag.

“Beliau adalah sosok yang luar biasa. menurut saya disamping beliau seorang akademisi beliau juga sebagai panutan. Saya secara diam-diam banyak belajar dari beliau baik dari cara beliau berbuat, bertutur kata dan melakukan tindakan-tindakan dalam rangka membimbing anak-anak. Alhamdulillah sampai saat ini beliau menjadi figur saya dan beliau ini mempunyai visi yang jelas, punya karya yang jelas dan punya juga tuntunan yang jelas, seperti contoh perlu kita kembangkan mendidik anak-anak kita, membawa UIN kita ini menjadi lebih maju dengan semboyan UIN Suska Riau yang Gemilang dan Terbilang. Mudah-mudahan dengan jadinya Prof. Dr. H. Munzir Hitami, M.A. tahun ini dapat pula menjadi semangat buat kita bagaimana perjuangan, bagaimana usaha, bagaimana upaya-upaya yang dilakukan oleh Prof. Dr. H. Munzir Hitami, M.A. dalam rangka membangun sumber daya manusia khususnya di UIN Suska Riau ini dan di berbagai tempat karena beliau juga aktif di organisasi, ini semua merupakan contoh bagi kita semua.” Ucap prof. Dr. H. Ilyas Husti, M.A.

“Pada hari ini kita akan menghantarkan Prof. Dr. H. Munzir Hitami, M.A. pada masa purnabhakti.  semua ini merupakan capaian luar biasa yang tidak dapat kita hitung, begitu nikmat ketika kita bertemu dan menikmati pembelajaran dan akhirnya banyak hal yang patut kita teladani dari sosok seorang Prof. Dr. H. Munzir Hitami, M.A. yang luar biasa. Prof. Dr. H. Munzir Hitami, M.A. bukan hanya pernah menduduki jabatan sebagai Rektor tahun 2014-2018 yang lebih dari itu adalah keterbukaan, transparan, low profil, keteladanan, kesantunan yang melekat tajam pada diri Prof. H. Dr. Munzir Hitami, M.A., karena saya tidak segan-segan menyampaikan kalau kita bicara ilmu pengetahuan UIN Suska Riau maka selalu saya sampaikan galilah dengan Prof. Dr. H. Munzir Hitami, M.A. Beliau adalah luar biasa karena kita akan kehilangan kalau beliau tidak berkiprah lagi. Beberapa hari yang lalu saya ingin mendorong beliau untuk tetap mengabdi di UIN Suska Riau ini lagi dimana ilmu beliau masih dapat kita serap sebagai ilmuan yang integratif apalagi kepakaran beliau di bidang tafsir yang minus politik.” Ucap Rektor.

Kegiatan bedah buku “Di Ujung Waktu” yang dilanjutkan dengan peluncuran buku merupakan langkah yang sangat positif dalam memperluas cakupan diskusi dan penyebaran gagasan yang terkandung dalam karya tersebut. Dengan melibatkan para pimpinan di lingkungan UIN Suska Riau, acara tersebut semakin memperoleh dampak yang lebih besar, karena kehadiran mereka akan memberikan dukungan dan pengakuan atas pentingnya karya ilmiah dan aktivitas akademik. Launching buku menjadi momen yang sangat berarti, karena bukan hanya sekedar pengenalan karya baru, tetapi juga merupakan penghormatan terhadap proses penulisan dan kerja keras penulisnya. Acara ini memberikan kesempatan bagi penulis untuk berbagi latar belakang, ide, dan proses kreatif mereka dalam menulis buku tersebut.

Sesi foto bersama yang menjadi penutup acara menjadi momen yang tepat untuk merayakan kebersamaan dan prestasi yang telah dicapai dalam acara tersebut. Foto-foto tersebut tidak hanya menjadi kenang-kenangan, tetapi juga dapat menjadi alat untuk mempromosikan kegiatan tersebut dan memperkuat ikatan antar partisipan.

Dengan adanya rangkaian kegiatan seperti ini, diharapkan akan tercipta lingkungan akademik yang lebih dinamis, inspiratif, dan kolaboratif di UIN Sultan Syarif Kasim Riau, serta memperkuat komitmen terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan kegiatan akademik yang berkualitas. (RD)