web analytics

Peringatan Nuzul Quran HMPS PBA FTK UIN SUSKA Riau melalui Kajian Bahasa dan  Semantik            

uin-suska.ac.id Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) mengadakan peringatan Nuzul Quran yang berlangsung dengan khidmat dan penuh makna. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2024. Berlangsung di LT 3 Gedung FTK, acara ini membahas tema : Perbedaan Gaya Bahasa dalam Ayat-ayat Makkiyyah dan Madaniyyah: Analisis Metafora dan Leksikon Bahasa Arab sebagai tema sentralnya Acara ini dihadiri oleh dosen Pembimbing, Ketua Jurusan serta  mahasiswa. Dalam sambutannya  Ketua Jurusan  PBA Dr. Jon Pamil, MA, menekankan pentingnya mentadabburi  Al-Quran dengan cara membaca dan mendalami maknanya, tidak hanya dari segi konten, tetapi juga dari aspek bahasanya. Melalui kegiatan ini, saya berharap mahasiswa dapat meningkatkan kecintaannya terhadap Al-Quran, khususnya dalam kajian-kajian studi bahasa dan sastra Arab,” ujarnya.

Pemateri,  Pengadilan Rambe, MA,  memaparkan  tentang fungsi Al-Quran dalam membentuk keyakinan, pelaksanaan ibadah, dan konstruksi sosial. Dalam Presentasinya mengeksplorasi bagaimana interpretasi ayat-ayat Al-Quran bersifat dinamis dan universal, memfasilitasi pemahaman yang beragam dan evolusioner. oleh karena itu perlu menggali dinamika interpretasi ayat-ayat Al-Qur’an yang bersifat dinamis, memungkinkan pemahaman beragam dan berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Pada sesi Diskusi difokuskan pada penggunaan metafora dalam Al-Qur’an, yang tidak hanya berfungsi sebagai elemen estetik tetapi juga mengandung nilai-nilai keimanan yang mendalam, memperkaya pengalaman spiritual dan intelektual pembaca. Sastra Al-Qur’an, dengan keindahan dan kedalaman semantiknya, dipuji sebagai sumber inspirasi yang tak terbatas. Dalam diskusi   juga menyoroti pandangan para ahli seperti Sibawaih, Al-Mubarrad, dan Ibnu Jinni tentang metafora (majaz) dalam Al-Qur’an, menunjukkan bagaimana bahasa dapat digunakan untuk memperluas makna dan membuka perspektif baru dalam memahami teks suci. Selain tausiah dan diskusi ilmiah, acara ini juga dimeriahkan dengan tilawah Al-Quran dan doa bersama, menciptakan suasana yang mengharukan dan introspektif. Para peserta terlihat antusias mengikuti setiap sesi, menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pembelajaran dan penghayatan nilai-nilai Al-Quran.  Acara Nuzul Quran ini diharapkan dapat menjadi tradisi tahunan yang terus menerus memperkaya wawasan keilmuan dan spiritual mahasiswa UIN SUSKA Riau, khususnya dalam studi bahasa dan sastra Arab.