web analytics

KULIAH UMUM FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI : MEMANTAPKAN MAHASISWA MENUJU MASYARAKAT DIGITAL

uin-suska.ac.id. Bertempat di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) selasa 27 Februari 2024 Fakultas Sains dan Teknologi melaksanakan kuliah umum. Tema yang diangkat dalam kuliah umum kali ini cukup menarik dan visioner, yakni “Peran Teknologi dan Transformasi Digital dalam Membangun Masyarakat Digital.”

Kuliah umum ini merupakan agenda rutin wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi, terutama mereka yang duduk di semester 2. Tujuan diadakannya kuliah umum ini adalah untuk memberikan wawasan dan mempersiapkan para mahasiswa dalam menyongsong perkembangan pesat masyarakat digital saat ini dan di masa mendatang.

Sebagai narasumber utama dalam kuliah umum tersebut, pihak kampus mengundang Susila Shane Bona Paska Sihombing, ST., MM., General Manager di PT Telkom Wilayah Riau Daratan. Dalam sesi paparannya, Shane -begitu ia akrab disapa-, menyampaikan berbagai hal terkait langkah-langkah strategis dalam pemanfaatan teknologi dan transformasi digital guna membangun masyarakat Indonesia yang lebih tangguh. Di antaranya terkait bagaimana tren perkembangan teknologi digital begitu cepat berubah dari waktu ke waktu. Juga terkait adaptasi dan inovasi yang harus dilakukan oleh para generasi milenial saat ini dalam meniti karir di dunia kerja era digital. Serta berbagai strategi yang bisa diterapkan oleh berbagai elemen masyarakat agar bisa tetap eksis dan bertahan di era yang serba digital.

Selain itu, Shane yang telah berkarir lebih dari 20 tahun di Telkom ini juga turut membagikan wawasan menarik seputar perkembangan dan tren transformasi yang tengah terjadi di industri telekomunikasi Tanah Air saat ini dan di masa depan. Termasuk peluang-peluang karir menjanjikan apa saja yang bisa dituju oleh para fresh graduate di perusahaan BUMN raksasa sekelas Telkom. Di sela-sela paparannya, Shane juga sempat mengingatkan para mahasiswa agar senantiasa bijak dan cerdas dalam memanfaatkan berbagai kemudahan teknologi digital masa kini. Sebab di balik segala kemudahan tersebut, tak jarang berbagai pihak bisa dengan leluasa menyalahgunakan teknologi digital untuk tujuan-tujuan negatif yang justru merugikan masyarakat itu sendiri.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau Dr. Hartono, M.Pd. juga turut memberikan sambutan. Dalam arahannya, pria berkacamata ini menegaskan bahwa kuliah umum ini tidak hanya sekadar bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan akademik para mahasiswa, tetapi juga untuk memberikan terobosan dan inovasi baru dalam sistem pembelajaran di kampus, sehingga proses transfer ilmu pengetahuan di perguruan tinggi ini bisa lebih adaptif dan relevan dengan berbagai kebutuhan zaman. Terlebih di era Society 5.0 yang membutuhkan talenta-talenta unggul dengan kemampuan dan keterampilan yang mumpuni.

Diketahui, acara kuliah umum ini sendiri diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari 5 program studi berbeda di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau. Selain menjadi ajang transfer pengetahuan, kuliah umum ini juga dimanfaatkan untuk penandatanganan Nota Kesepahaman (MoA) antara pihak Fakultas Sains dan Teknologi dengan PT Telkom Wilayah Riau Daratan. MoA yang ditandatangani itu pada intinya mencakup skema kerja sama dalam program magang mahasiswa atau MBKM. Terbuka juga peluang kerjasama pendirian lembaga sertifikasi profesi bidang Telematika hingga pelaksanaan beragam kegiatan pengembangan dan pengabdian masyarakat di masa depan.

Sepanjang berlangsungnya acara kuliah umum ini, tampak antusias luar biasa ditunjukkan oleh para mahasiswa yang memadati ruangan PKM. Kuliah umum pun dapat terlaksana dengan sangat lancar dan sukses. Ditutup dengan foto bersama seluruh peserta, narasumber, dan panitia.