web analytics

KUNJUNGAN EDUTOUR UNIVERSITAS DARI SMA IT AL-ITTIHAD YAYASAN KESATUAN PENDIDIKAN ISLAM (YKPI) SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU

uin-suska,ac.id Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Terpadu Al-Ittihad melakukan kunjungan ke UIN Suska Riau pada hari Selasa tanggal 23 Januari 2024 yang bertempat di Aula Lantai 5 Gedung Rektorat. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UIN Suska Riau, dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Hj. Helmiati, M.Ag. Dalam sambutannya Wakil Rektor I mengatakan  “Kampus UIN Sultan Syarif Kasim Riau adalah kampus yang menjunjung dan mengusung konsep Paradigma Integrasi artinya dengan konsep itu kita berharap lulusan yang dilahirkan oleh kampus islam Madani ini adalah lulusan yg menguasai sesuai di bidang keilmuan tetapi juga memiliki Kompetensi Keislaman. Satu sisi kita berharap mereka menguasai keilmuan dan berharap lulusan UIN Sultan Syarif Kasim Riau memahami keislaman dengan baik dan mengamalkannya serta memiliki akhlak mulia sebagai buah dari pengamalan Islam.  Oleh karena itu di dalam kurikulum secara tertulis maupun ekstrakulikuler memang ada program-program yang diberikan Kompetensi Keislaman, ucap Wakil Rektor I.”

Dalam Kesempatan yang sama kepala sekolah SMA Al Ittihad Yayasan Kesatuan Pendidikan Islam (YKPI) Pekanbaru yang dalam hal ini diwakili oleh M. Ikhsan Ardianto, S.Pd menuturkan bahwa SMA IT Al Ittihad setiap tahunnya memiliki kegiatan Program Edutour. Salah satu kegiatan program melakukan kunjungan ke kampus UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan tujuan untuk menambah referensi siswa dalam hal pemilihan kampus kedepannya dengan harapan mereka mempunyai pilihan-pilihan dan memiliki gambaran untuk mengambil jurusan dan fakultas nantinya.

Kegiatan kunjungan Edutour ini disampaikan pemaparan materi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sultan Syarif Kasim Riau Tahun Akademik 2024/2025 menghadirkan 2 orang Narasumber yaitu Dr. Ir. Sadarman, S.Pt, M.Sc dan Purwanto, S.Kom., M. Tr. Kom. UIN Sultan Syarif Kasim Riau  memiliki visi dan misi  “Terwujudnya UIN Suska Riau sebagai Perguruan Tinggi Islam yang Gemilang dan Terbilang dalam mengembangkan Ilmu Keislaman, Sains Teknologi  atau Seni secara Integratif di Kawasan Asia pada tahun 2025”. UIN Sultan Syarif Kasim Riau memiliki 8 (delapan) Fakultas yakni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Fakultas Pertanian dan Peternakan.

 

Salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi adalah Jalur SPMB lewat jalur nilai raport dari Semester 1 sampai dengan Semester 5 yang akan diambil dari System dan akan di rangking. Siswa-siswa dari sekolah agama yang ingin mengambil jurusan Agama (Ilmu al Qur’an dan Tafsir) bisa mendaftar melalui jalur SPAN PTKIN. Pada saat sesi tanya jawab, salah satu peserta bertanya “Bagaimana peluang kerja apabila mengambil kuliah jurusan Akuntansi”? Alumni jurusan Akuntansi bisa bekerja dimana saja, peluang kerja sangat banyak, terutama menjadi akuntan sangat diperlukan di perusahan-perusahan Swasta. Akuntan adalah orang yang paham tata buku keuangan , bagaimana menghitung neraca keuangan rugi atau untung, itu salah satu contoh peluang kerja di jurusan Akuntansi, jawab Dr. Ir. Sadarman, S.Pt, M.Sc. (D/R)