web analytics

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Secara Beruntun Dipercaya Menjadi Perguruan Tinggi Penyelengara (PTP) Program Persiapan Studi Luar Negeri oleh Kementerian Agama RI-LPDP Kementerian Keuangan RI

uin-suska.ac.id Satu kebanggaan bagi keluarga besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau dipercaya dan diamahkan sebagai host atau Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Program Persiapan Studi Luar Negeri (PPSL) untuk ketiga kalinya sejak tahun 2021. Sebagai PTP program bergensi yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam berkolaborasi dengan LPDP Kementerian Keuangan ini, UIN Sultan Syarif Kasim dalam proposal yang diajukan sebelum proses seleksi penetapan PTP telah menunjukan satu komitmen besar sekaligus tanggung jawab penuh untuk mensukseskan penyiapan SDM dosen, tenaga kependidikan, guru, dan alumni di lingkungan Kementerian Agama RI untuk mampu melanjutkan studi ke program doktor ke sejumlah universitas terkemuka di luar negeri.

Dalam seremonial pembukaan program PPSL yang diselenggarakan secara daring oleh Kementerian Agama RI, Kandidat Dr. Ruchman Basori, M.Ag selaku Ketua PMU BIB Kemenag-LPDP menegaskan bahwa “Kementerian Agama bersama-sama LPDP Kementerian Keuangan telah menyiapkan anggaran khusus untuk menyiapkan para tenaga profesional baik dosen, tenaga kependidikan, guru hingga alumni untuk menempuh pendidikan doktor ke universitas ternama di luar negeri dengan tujuan membangun SDM Indonesia yang unggul”. Untuk mewujudkan cita-cita besar ini, Kementerian Agama telah mengupayakan langkah-langkah konkret bukan hanya jaminan ketersediaan anggaran, penyiapan proses seleksi calon-calon peserta dan penetapan PTP, namun yang terpenting adalah kepercayaan universitas-universias di luar negeri yang menjadi tujuan peserta PPSL melanjutkan dan menyelesaikan studi doktoralnya.

Lebih lanjut, Dr. Ruchman Basori, M.Ag juga mengharapkan “agar para peserta PPSL yang telah lulus seleksi dan mengikuti program ini secara intensif selama tiga bulan (27 November 2023 hingga 23 Februari 2024) benar-benar siap belajar memperkuat capacity building bukan hanya kemampuan akademik, namun juga diperkuat daya juang untuk sanggup menyelesaikan studi on-time di universitas yang dituju”. Harapan Ketua PMU-BIB Kemenag-LPDP ini juga senada dengan pesan yang disampaikan langsung oleh pimpinan UIN Sultan Syarif Kasim Riau, yang diwakili oleh Prof. Dr. Hj. Helmiati, M.Ag selaku Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga. “Atas nama pimpinan dan keluarga besar UIN Sultan Syarif Kasim, kami mengucapkan selamat dan tahniah kepada 13 peserta PPSL yang lulus seleksi program bergengsi ini yang berasal dari berbagai PTKIN se-Indonesia bahkan guru dari salah satu madrasah di Mataram NTB”.

Tegasnya lagi, “PPSL yang mirip dengan program Pre-Departure Training oleh Kementerian Agama ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh peserta baik untuk menyiapkan kemampuan Bahasa Inggris, memperdalam kompetensi akademik, dan budaya akademik kampus serta kebiasaan masyarakat setempat di universitas yang dituju, namun komitmen untuk graduate on-time di program studi yang dipilih harus dicapai”.

Untuk mempersiapkan dan mensukseskan program ini, Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) UIN Sultan Syarif Kasim yang diketuai oleh Drs. H. Promadi, MA.,Ph.D yang merupakan alumni Leeds University, UK dan Universiti Putra Malaysia (UPM) telah didukung sepenuhnya oleh Rektor dan jajaran pimpinan untuk menyelenggarakan program PPSL untuk yang ketiga kalinya secara beruntun. Dalam sambutan acara pembukaan PPSL, Drs. H. Promadi, MA.,Ph.D menyampaikan “P2B telah menyiapkan kurikulum, materi terbaru, tenaga pengajar yang berpengalaman, teamwork yang solid, fasilitas perkuliahan yang memadai, hingga program tambahan berupa excursions ke sejumlah lokasi menarik baik di dalam maupun di luar Propinsi Riau”. Untuk menyemangati para peserta PPSL Tahun 2023, “pengelola juga akan memfasilitasi para peserta berupa tips dan kiat-kiat untuk menembus dan diterima studi S3 ke universitas-universitas di luar negeri selain dibekali dengan English competences berupa TOEFL dan/atau IELTS” tegas Promadi.

Sebelum mengakhiri sesi pembukaan program PPSL yang diselenggarakan di UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Bpk Ilham Maulana yang mewakili dari Team Monitoring dan Evaluasi (Monev) PMU-BIB Kementerian Agama juga turut hadir bahkan memberikan sambutan, update informasi dan harapan terutama ke 13 peserta yang mengikuti program PPSL ini. Dalam sambutannya, Pak Ilham menyampaikan “para peserta terpilih adalah orang-orang hebat yang berhasil lulus dalam program bergengsi ini, dan melalui program PPSL ini diharapkan menjadi jembatan dan daya dorong untuk lebih mempersiapkan diri baik penguatan akademik, maupun berbagai persiapan lainnya sehingga peserta benar-benar menuntaskan satu amanah besar yang diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama dan Kementerian Keuangan”.

Penulis : Muhammad Absor
Editor : Humas UIN Suska Riau