web analytics

Dr. Muhammad Luthfi Hamzah Berhasil Menyelesaikan Program Visiting Professor sebagai Implementasi Kerjasama Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau dengan Arkalyk Pedagogical Institute, Kazakhstan

uin-suska.ac.id Tercatat sejak 2 Oktober 2023 hingga 2 November 2023, Dosen Muda Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Muhammad Luthfi Hamzah telah sukses melaksanakan program bergengsi, Visiting Professor (VP), yang masuk dalam Rencana Stretegis (RenStra) UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Program VP ini merupakan implementasi kerjasama internasional UIN Sultan Syarif Kasim dengan Arkalyk Pedagogical Institute, Kazakhstan. Dosen muda bertalenta tinggi dan reviewer beberapa jurnal international terindeks Scopus ini tercatat menjadi satu-satu dosen dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia mengajar di univeritas tersebut. Dalam laporan singkatnya, Dr. Muhammad Luthfi Hamzah mengajar mata kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi, dan aplikasi pemrograman berorientasi objek dalam pengembangan web.

Hasil wawancara setiba di tanah air dan kembali aktif mengajar di Program Studi Teknik Informasi, disampaikan bahwa “mahasiswa dari Arkalyk Pedagogical Institute, yang kemudian dikenal sebagai Altynsarin Institute, selain mengikuti perkuliahan tentang Analisa dan Perancangan Sistem Informasi serta aplikasi pemrograman berorientasi objek dalam pengembangan web, juga menjadi role model dan magnet bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi maupun mengikuti program pertukaran mahasiswa dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau”. Ilmuan muda yang juga menjadi kebanggan civitas akademika UIN Sultan Syarif Kasim Riau ini kemudian menyemangati para dosen lain untuk terus mengambil peluang dan kesempatan yang ada dan telah disiapkan oleh pimpinan terutama untuk mengembangkan mobilitas akademik ke luar negeri. Menurutnya, “para akademisi di UIN Sultan Syarif Kasim Riau perlu terus didorong dan didukung untuk memperkuat implementasi program kerjasama internasional termasuk dengan Institut Altynsarin”.

Dalam wawancara khusus yang dilakukan oleh team Humas UIN Sultan Syarif Kasim Riau, mengungkapkan bahwa “Dr. Muhammad Luthfi Hamzah, seorang Ph.D bidang Pendidikan Teknik dan Kejuruan dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau, berhasil memenuhi kualifikasi program VP yang langsung didanai atau disponsori oleh Kementerian Pendidkan Kazakhstan. Pasca mengikuti proses seleksi persyaratan yang cukup ketat dan professional oleh komite seleksi di Institut Altynsarin, dosen muda berbakat di bidang pemograman ini dinyatakan lulus dan diundang untuk mengikuti program VP selama satu bulan. Program ini juga sebagai bentuk “Penglibatan Sarjana Asing” ke sejumlah kampus terkemuka di Kazakhstan. “selain memberikan kuliah, mengadakan kelas praktis, dan menjadi narasumber untuk kegiatan seminar dan/atau workshop kepada mahasiswa di Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Informasi di Institut Altynsarin juga menjadi bagian tidak terpisahkan dari program bergengsi ini. Selain itu, menulis karya ilmiah berupa jurnal dan dipublikasikan ke jurnal terindeks Scopus menjadi salah satu syarat keberhasilan dari pelaksanaan program VP yang dijalankan oleh kedua universitas” ungkap Muhammad Lufthi Hamzah.

Sekilas tentang cerita dan pengalamannya mengikuti program ini, Dr. Muhammad Luthfi Hamzah bertemu dengan para profesor dan tenaga pengajar program pendidikan Informatik. Beliau berbagi pengalaman mengajar dan fitur pelatihan mahasiswa di Indonesia, serta mempresentasikan rencana kerjanya selama sebulan di Institut Altynsarin. Para mahasiswa Institut Altynsarin mendapat kesempatan langka untuk mengikuti perkuliahan oleh seorang profesor asing, sehingga mereka mendapatkan pengalaman baru dan pengetahuan yang lebih mendalam dan praktis tanpa harus pergi kuliah ke luar negeri. Dr. Muhammad Luthfi Hamzah secara khusus juga menarik perhatian mahasiswa dengan menyajikan studi kasus dalam mata kuliah “Pemrograman Berorientasi Objek dalam Pengembangan Web.” Lanjut ilmuan muda ini, para mahasiswa belajar tentang pendekatan teknologi yang dapat digunakan untuk menciptakan, mengembangkan, dan mendukung proyek-proyek yang kompleks, termasuk pengembangan dalam bahasa seperti Python, Java, Frontend, atau Fullstack.

Pengalaman berharga lainnya yang diperoleh oleh Dr Muhammad Luthfi Hamzah adalah sambutan hangat oleh Ketua Dewan Rektor, Prof. Dr. Erzhan Amirbekuly, yang menggarisbawahi pentingnya mengembangkan kerjasama akademik dengan universitas di Indonesia dan pihaknya sangat berterima kasih atas kerjasama yang kedua perguruan tinggi bangun. Dalam sambutan hangat Bersama pimpinan fakultas dan mahasiswa, Ketua Dewan Rektor menegaskan bahwa “kedua perguruan tinggi perlu terus berdiskusi dan merancang serta menyiapkan program secara bersama-sama untuk mendalam current issues dalam berbagai bidang sehingga akan meng-update ilmu pengetahuan”.

Dalam kuliahnya, Dr. Muhammad Luthfi Hamzah juga membahas berbagai topik mulai dari sistem informasi, pengembangan perangkat lunak, riset pengujian, dan penyebaran sistem informasi. Saat ini, dosen muda alumni Universitas Negeri Padang (UNP) telah memiliki h-indeks sebanyak 8 dan hasil riset bersama dengan peneliti di Institut Altynsarin telah terbit ke jurnal internasional terindeks Scopus.

 

Penulis : Muhammad Absor
Editor : Humas UIN Suska Riau