web analytics

Dekan FTK Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Lepas 1.310 Orang Mahasiswa PPL

uin-suska.ac.id Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dibekali dengan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sebelum menyandang gelar sarjana. Kegiatan PPL yang akan dilaksanakan selama 3 bulan tersebut, Selasa (19/09/2023) dibuka dan dilepas secara resmi oleh Dekan FTK di halaman Gedung belajar FTK Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, dan dihadiri oleh Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Prodi dan Dosen DPL, Kabag dan Kasubag dilingkungan FTK Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

 

Ketua Panitia Pelaksanaan PPL Dr. Dicki Hartanto, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan PPL ini dilakukan selamam 3 bulan yang diawali dengan pembekalan dan hari ini tepatnya 19 September 2023 dilakukan pelepasan PPL ke sekolah-sekolah hingga berakhir tanggal 30 November 2023 mendatang. Lebih lanjut Dr. Dicki menyampaikan bahwa PPL tahun 2023 ini dilakukan didalam negeri yakni Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar serta luar negeri yakni Thailand Selatan. Sementara total peserta peserta yang akan melakukan PPL sebanyak 1.310 orang mahasiswa yang berasal dari 14 Prodi yang ada di FTK Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sementara untuk penempatan mahasiswa PPL ini akan di tempatkan pada 121 sekolah pada tingkat PIAUD/PAUD, TK, SD, MI, MTs, SMP, MA, SMA dan SMK yang tersebar di Kota Pekanbaru dan Kampar dengan 121 orang dosen pembimbing. Pelaksanaan PPL ini merupakan salah satu implementasi dari kurikulum Merdeka Belajar.

Disela-sela pelepasan Mahasiswa PPL, FTK Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau juga laksanakan Memorandung of Agreement (MoA) dengan BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru yang dihadiri oleh Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Panam Herdian R. Juniawan. Dalam sambutannya Herdian mengucapkan terima kasih kepada FTK Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau atas jalinan kerjasama yang sudah ditandangani terutama untuk memberikan perlindungan kepada mahasiswa yang akan melakukan PPL selama tiga bulan. Lebih lanjut Herdian juga menjelaskan bahwa BPJS ketenagakerjaan akan memberikan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) kepada mahasiswa yang telah melakukan pendaftaran membayar sebesar Rp. 50.000,-.

Dekan FTK Dr. H. Kadar, M.Ag dalam arahannya mengatakan bahwa PPL merupakan kegiatan yang mesti dilaksanakan karena menjadi cikal bakal dan persyaratan untuk menjadi guru professional. Kedepan Dr. Kadar berharap agar PPG tidah hanya ada untuk atau bagi seseorang yang sedang dalam jabatan tapi PPG juga berlaku bagi mahasiswa yang sedang dan akan menyeleslaikan jenjang Pendidikan S.1. selanjutnya Dr. Kadar berpesan agar dalam melakukan PPL nantinya Pertama jadilah guru yang baik, yang disiplin karena dalam pembelajaran itu ada 3 hal yang sangan penting  yakni Mengusai materi ajar, Kuasai bagaimana menyampaikannya dan Disiplin dalam mengajar. Kedua kita merupakan mahasiswa UIN yang bernuansa islam, maka jagalah almamater dan identitas kita sebagai mahasiswa Islami dan Ketiga karena mahasiswa semua merupakan calon guru professional yang pada hakekat tugasnya meneruskan tugas para nabi maka contohlah bagaimana nabi mengajar, jelas Dr. Kadar. Diakhir sambutan Dekan FTK secara resmi membuka dan melepas kegiatan PPL mahasiswa pada tahun 2023.

Tim Humas