web analytics

UIN Suska Riau Sosialisasikan Beasiswa MOSMA

uin-suska.ac.id Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau lakukan Sosialisasi Beasiswa MORA Overseas Student Mobility Award (MOSMA) Tahun 2023 secara daring menggunakan aplikasi Zoom dan diikuti oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Hj. Helmiati, M.Ag, Kepala Biro AAKK Drs. Yasrizal, MA, Kabag Akademik Jasnida,S.Ag., M.Sy, Wakil Dekan, Dosen di lingkungan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau serta mahasiswa semester 4 dan 6. Kegiatan Zoom ini dilaksanakan pada Kamis (22/06/2023) yang dipusatkan di ruang rapat Pimpinan lantai IV gedung Rektorat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Beasiswa MOSMA ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa di bawah PTKI menimba ilmu pengetahuan di Universitas ternama di luar Negeri.
­
Dr. Yuslenita Muda, M.Sc selaku narasumber pada kegiatan ini menjelaskan bahwa MOSMA merupakan salah satu program yang mendukung implementasi Kurikulum Merdeka berupa program perkuliahan yang dilakukan maksimal 1 semester dengan durasi 6 bulan di kampus luar negeri yang dapat dikonversi ke dalam 20 SKS (Satuan Kredit Semester) di kampus asal. “Untuk jadwal Pendaftaran program MOSMA ini dibuka hingga 26 Juni 2023, Walaupun tinggal lima hari lagi, saya berharap mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dapat memanfaatkan momen ini sebaik mungkin, guna mendapatkan pengalaman kuliah di luar negeri, di kampus berskala internasional,” ujar Yuslenita Muda yang juga merupakan Wakil Dekan III Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Mahasiswa peserta sosialisasi sangat antusias dengan kegiatan ini, hal ini ditandai banyaknya dari mereka ada yang bertanya diantaranya : 1. Apa apa saja yang perlu dipersiapkan untuk pendaftaran beasiswa ini? 2. Apakah program beasiswa ini bisa menggantikan program KKN karena waktu pelaksanaannya yang hampir bersamaan 3. Apakah penerima beasiswa KIP masih bisa mengikuti program ini? 4. Apakah peserta program Kampus Merdeka bersama ORBIT bisa mengikuti program ini?


Menanggapi pertanyaan tersebut, Dr. Yuslenita bersama WR I menjelaskan bahwa persyaratan yang perlu dipersiapkan calon peserta bisa dillihat pada laman https://beasiswa.kemenag.go.id/bng01-mora-overseas-student-mobility-awards/ . Program Mosma ini tidak bisa menggantikan program KKN di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau karena waktu pelaksanaan Mosma ini di semester ganjil, sedangkan KKN dilaksanakan sebelum semester ganjil dimulai. Penerima beasiswa KIP atau bidik misi tetap bisa mengikuti program ini, yang dimaksud pada persyaratan peserta adalah tidak menjadi penerima beasiswa program yang serupa seperti student exchange, internship/magang. Begitupun peserta program Kampus Merdeka bersama Orbit tetap bisa mengikuti program ini.

Pada program MOSMA ini ada 49 perguruan tinggi tujuan pilihan yang tersebar di Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Arab Saudi, Jepang, India, Pakistan, Mesir, Australia, Taiwan, Amerika Serikat, Austria, Belanda, Czech, Inggris, Jerman, Perancis dan Spanyol.
Ayo mahasiswa/i terbaik Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau wujudkan mimpimu go internasional bersama MOSMA, “Akselerasi Talenta Insan Beragam Menuju Indonesia Emas 2045”

Penulis : Azmi