web analytics

Rektor UIN SUSKA RIAU ajak Perguruan Tinggi se Riau Peduli Penyandang Disabilitas

uin-suska.ac.id Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau dipercaya menjadi tuan rumah oleh Komisi Nasional Disabilitas (KND) Republik Indonesia pada kegiatan Sarasehan KND serta Sosialisasi Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan HAM Penyandang Disabilitas di Sektor Pendidikan dengan Pimpinan Peguruan Tinggi se-Kota Pekanbaru. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 April 2023 di ruang sidang Senat Lantai V, gedung Rektorat UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
KND RI merupakan Lembaga negara nonstruktural yang bersifat independen dan diberi amanah untuk melakukan tugas dan fungsinya yaitu pemantauan, evaluasi dan advokasi pada penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas yang meliputi 22 hak penyandang disabilitas, 4 hak spesifik anak dengan disabilitas dan 7 hak spesifik perempuan dengan disabilitas.
Kegiatan sarasehan ini mengundang 31 pimpinan perguruan tinggi se-kota Pekanbaru. Melalui kegiatan ini, KND RI akan berdiskusi dengan para pimpinan.

Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Prof Dr. Khairunnas Rajab, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada KND yang telah memberikan kepercayaan kepada UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebagai host dalam acara tersebut. Beliau juga menyampaikan bahwa dengan dipilihnya UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebagai tuan rumah mencerminkan kepercayaan pemerintah kepada UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang terus berkomitmen dalam mendukung dan mendorong agar implementasi dari program-program KND di perguruan tinggi khususnya di Propinsi Riau dapat terealisasi dengan baik. Rektor mengajak semua masyarakat bersinergi dalam pemberian hak yang sama kepada warga negara secara adil, tanpa diskriminatif, dalam hal ini tidak terkecuali penyandang disabilitas.


Pada Acara Sarasehan ini juga di laksanakan penandatanganan MoU antara Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan ketua KND Republik Indonesia. Terkait dengan kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama, Prof. Edi Erwan, Ph.D menambahkan bahwa UIN Sultan Syarif Kasim Riau siap berkolaborasi dengan berbagai stake holder baik dari kalangan pemerintah maupun swasta dalam rangka menwujudkan UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang gemilang dan terbilang.

Penulis : Prof. Edi Erwan, S.Pt, M.Sc, Ph.D