web analytics

Ukir Prestasi, UIN Suska Riau Sabet Tiga Penghargaan di Ajang Mandalika Essay Competition

uin-suska.ac.id UIN Suska Riau kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Kali ini, Dedi irawan, Aidi Syahriri yang merupakan mahasiswa Prodi Ilmu Hadis dan Meidita Aulia Panjaitan mahasiswa Prodi Ilmu Tafsir Al-Quran Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau berhasil menyabet tiga perhargaan pada ajang mandalika Essay Competition yang dilaksanakan di Nusa Tenggara Barat, 5 s.d. 7 Maret 2023.

Ketiga penghargaan tersebut meliputi Favorit poster di Subtema Lingkungan, The Most Favorit Poster dan Juara II di subtema lingkungan.

Mandalika Essay Competition 2 merupakan suatu perlombaan dalam bidang ilmiah yang dilaksanakan oleh Lembaga Setara Prisma Nusantara Bidang Keilmuan dan Pemberdayaan Masyarakat “Nusantara Muda” dengan tema “Sinergi Generasi Muda Melalui Aksi Nyata untuk Indonesia Emas 2045”. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung perkembangan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia. Peserta Mandalika Essay Competition 2 merupakan mahasiswa atau umum dengan rentang usia 18-29 tahun.

Ada lebih dari 30 universitas dari seluruh Indonesia yang mengikuti kompetisi ini dan dibagi menjadi beberapa kategori seperti Pariwisata, Pendidikan dan Sosial Budaya, Hukum dan Ekonomi, Kesehatan, Pertanian, Pangan dan Peternakan serta Teknologi, Energi dan Lingkungan.

“Alhamdulillah kami meraih tiga penghargaan dari tema lingkungan pada kompetisi ini. Ada 10 orang finalis pada tema lingkungan, Alhamdulillah kami meraih juara dua poster pada tema lingkungan, favorite poster dan the most favorite poster, Best poster diantara tujuh bidang yang ada.” Ujar Dedi selaku Ketua Tim.

Rangkaian kegiatan Mandalika Essay Competition ini dimulai sejak 11 Oktober 2022, yaitu pendaftaran dan pengumpulan karya. Totalya ada 576 karya yang terdaftar. Pada tanggal 5-7 Maret 2023, 60 karya terbaik hasil seleksi dewan juri mengikuti serangkaian kegiatan berupa technical meeting, presentasi karya, dan pengumuman yang diselenggarakan secara langsung (luring) di Asrama Haji Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain itu, para peserta juga mengikuti Volunteer dan Field trip mengeksplor Lombok.

Penulis : Nurazmi