web analytics

Teken MoA, Mahasiswa UIN Suska Riau Magang Kuala Lumpur

uin-suska.ac.id Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau kembali bangun kerjasama dalam bentuk Memorandum of Agremeent (MoA) di luar Negeri, yakni dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at, (24/02/2023) berlangsung secara virtual dan dihadiri oleh Dekan FTK Dr. Kadar, M.Ag, Wakil Dekan I dan III, Ketua Prodi di Lingkungan FTK, Pengelola Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan Pranata Humas, semetara itu dari SIKL tampak hadir Kepala Sekolah Friny Napasti, S. Pd, M. Pd, Wakasek Humas, Wakasek Kurikulum SMA dan Kepala Tata Usaha. Setelah penandatangan MoA ini akan dilanjutkan penandatanganan MoU dengan pihak Universitas.

Dalam sambutannya Dr. Kadar, M.Ag sebagai Dekan FTK mengucapkan terima kasih kepada pihak SIKL atas kesepakatan yang telah ditandatangani serta berharap secepatnya bisa dapat terealisasi dengan baik. Lebih lanjut Dr. Kadar menyampaikan bahwa kerjasama ini tidak hanya dalam bentuk PPL atau magang bagi mahasiswa FTK, tetapi kita akan kembangkan lagi dalam bentuk penelitian dan lain-lain.
Hal senada juga disampaikan oleh Kepala SIKL Friny Napasti, S. Pd, M. Pd yang sangat mengaturkan terima kasih bahwa perguruan tinggi sekelas UIN Suska Riau mau menjalin kerjasama dengan kami. Beliau juga menyambut baik bahwa kerjasama ini tidak hanya sebatas PPL atau magang tetapi bisa juga join riset dan pengabdian lainnya.

Setelah penandatangan MoA secara virtual antara FTK UIN Suska Riau dengan SIKL ada beberapa kesepakatan yang dihasil untuk pelaksanaan PPL selama 2 bulan yakni pada bulan September dan Oktober 2023 mendatang. Dimana SIKL untuk awal ini menerima pelaksanaan PPL mahasiswa FTK sebanyak 4 orang dalam bidang Pendidika Bahasa Indonesia untuk SMP, pendidikan Tadris IPA untuk SMA, Pendidikan Matematika untuk SMP dan Bimbingan Konseling untuk SMP dan SMA.
Sementara itu untuk biaya pelaksanaan PPL ini adalah sistem kolaborasi dimana pihak Universitas membantu biaya pembuatan visa dan transportasi (tiket) sedangkan untuk tempat tinggal, makan dan minim serta biaya hidup lainya ditanggung oleh mahasiswa.


Dalam waktu dekat kerjasama seperti ini juga akan dikembangkan di beberapa sekolah Islam di Thailand yang menjadi lokasi PPL mahasiswa FTK. Disamping pengembangan institusi hal ini juga menjadi program prioritas Rektor dan untuk pencapaian IKU.

Penulis : Huzaini