web analytics
humas@uin-suska.ac.id

Pendidik Sejati Lahir dari Seorang yang memiliki Ketulusan Sikap

uin-suska.ac.id Wakil Rektor I, bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Hj. Helmiati, M.Ag menghadiri acara launching buku berjudul “Pendidik Sejati, Biografi 70 Tahun Pak Ahmad Syah” pada Rabu 25 Mei 2022 di Gedung Islamic Center UIN Suska Riau.

Buku ini merupakan karya dari beberapa dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau, berisikan biografi 70 tahun pak Ahmad Syah yang merupakan dosen senior di Prodi Bahasa Arab UIN Suska Riau.

Acara ini dihadiri oleh para alumni PBA dari berbagai angkatan para dosen serta 2 orang mantan rektor UIN Suska Riau.

Ada tiga kegiatan yang diselenggarakan sekaligus pada acara tersebut. Pertama, perayaan milad ke 70 tahun pak Ahmad Syah. Kedua acara launching buku yang berjudul “Pendidik Sejati, Biografi 70 Tahun Pak Ahmad Syah”. Ketiga Milad ke-28 tahun Prodi FTK UIN Suska Riau dan Silaturrahmi Internasional Alumni PBA UIN Suska Riau.

Dr. Meimunah S. Moenadah, M.Ag yang merupakan ketua panitia dari kegiatan ini mengatakan “Acara ini terselenggara dari wujud rasa cinta para alumni PBA kepada ayahanda kita Drs. H. Ahmad Syah, MA. Kita ingin merayakan hari lahir beliau yang ke-70 dan berikan kado terindah berupa buku yang berisikan riwayat hidup beliau yang diberi judul “Pendidik Sejati, Biografi 70 Tahun Pak Ahmad Syah”. Kenapa buku biografi, karena di dalam sosok pak Ahamad Syah terdapat ketulusan sikap dalam memberikan kepada muridnya, ketulusan sikap ini menjadikan Pak Ahmad Syah sebagai sosok yang istimewa dan dijadikan uswah oleh para muridnya, inilah yang menjadikan beliau sebagai pendidik sejati di mata mereka. Hadirnya jiwa sebagai pendidik sejati dalam diri beliau tentu saja tidak terjadi secara begitu saja, ada proses dan perjalanan panjang yang dilalui dan banyak tantangan yang beliu lalui, semua itu menjadi kisah dan kenangan yang menjadi pelajaran sehingga terbitlah buku ini. Kebaikan dalam diri beliau menjadi tauladan bagi para muridnya” ujar Meimunah.

Acara launching buku ini di tandai dengan penandatanganan buku “Pendidik Sejati Biografi, 70 Tahun Pak Ahmad Syah” oleh Wakil Rektor I, Dekan FTK, Rektor UIN Suska Riau periode 2014-2018 Prof. Dr. Munzir Hitami, MA, Ketua Jurusan PBA, Ketua Alumni PBA, dan diikuti oleh penulis dan para dosen senior PBA lainya.

Acara yang diselenggarakan oleh prodi PBA berlangsung sangat meriah dan berbagai rasa berbaur menjadi satu ada rasa suka, senang, haru dan bangga terutama bagi sosok Pak Ahmad Syah sendiri. Beliau berulangkali meneteskan air mata melihat kesuksesan acara yang diselenggarakan untuk beliau.

Di tengah-tengah kemeriahan acara ini tak lupa pula di lakukan pemotongan tumpeng untuk merayaka hari jadi pak Ahmad Syah serta pemotongan Kue untuk Milad Prodi PBA.
Rangkaian acara terselenggara dengan baik dan diselingi dengan ucapan Selamat milad oleh beberapa alumi PBA via Zoom Meeting salah satunya ucapan dari Prof. Dr. H. Gamal Abdul Naser , Ph.D Alumni PBA angkatan 1984 yang juga merupakan dosen senior dari Sultan Hassanal Bolkiah Institut of Education Universiti Brunei Darussalam.

Seluruh rangkaian acara terselenggara dengan baik semoga dengan diselnggarakannya acara ini menjadi motivasi bagi para pendidik lainya untuk terus menjadi pendidik sejati.

Penulis: Sukmawati
Fotografer: Srihastuti
Editor: Kasubag Humas