web analytics

“TRANSFORMASI DIGITALISASI MENUJU UIN SUSKA GEMILANG DAN TERBILANG”

uin-suska.ac.id Dalam rangka peningkatan kemampuan Admin Website setiap unit dan fakultas yang ada di UIN Suska Riau, Pusat Teknologi & Informasi Pangkalan Data (PTIPD) UIN Suska Riau menyelenggarakan bimtek pengelolaan Website. Bimtek dilaksanakan di Laboratorium Komputer PTIPD UIN Suska Riau.  (01/10/2021).

Bimtek diikuti oleh admin website yang ada di setiap unit serta fakultas yang ada di UIN Suska Riau. Opening Speech dalam kesempatan ini yakni DR. Hj. Okfalisa, ST., Msc, narasumber pertama adalah DR. Yudhi Martha Nugraha., M.DS, narasumber kedua yakni Assyari Abdullah., M.Ikom berhalangan hadir karena suatu hal. Tujuan dilaksanakan bimtek mengenai pengelolaan website yakni untuk mengajarkan kepada peserta bagaimana tentang cara-cara mengelola sebuah website, standar-standar pengelolaan website,  cara mengelola web yang baik, cara menampilkan pengumuman dan berita, serta mengupdate informasi yang dibutuhkan agar pengunjung website senantiasa mendapatkan informasi yang berguna dan terbaru.

Narasumber pertama dalam pemaparannya lebih banyak menyampaikan materi mengenai tampilan/desain web terkhusus di UIN Suska Riau, Beliau menyampaikan bahwa “Untuk saat ini tampilan/desain website UIN Suska  Riau masih terlihat sederhana yang masih menggunakan WordPress. Untuk mendukung visi misi rektor UIN Suska Riau menjadikan UIN Suska Riau yang gemilang dan terbilang, UIN Suska Riau perlu transformasi digital dari yang disain websitenya masih menggunakan wordpres menuju desain website menggunakan Google Cloud Platform. Kelebihan dari disain website menggunakan Google Cloud Platform yakni lebih mutakhir namun lebih simpel sehingga mempermudah admin website yang ada disetiap unit dan fakultas dalam mengelola website” ujarnya.

Untuk diketahui bersama bahwa “Pada saat ini perguruan tinggi/universitas yang sudah melakukan transformasi digital dalam tampilan/desain website dari yang masih menggunakan wordpres menjadi tampilan/disain website menggunakan Google Cloud Platform masih dua di Indonesia, apabila rancangan transformasi digitalisasi tampilan/desain website menggunakan Google Cloud Platform ini disetujui dan terwujud, maka UIN Suska Riau akan menjadi perguruan tinggi/universitas yang ketiga di Indonesia yang menggunakan Google Cloud Platform dalam tampilan/disain Websitenya” tambahnya. 

Penulis: Mukhtarsyah., S.Hi

Foto: Robil

Editor: Kasubag Humas