web analytics

RENSTRA SEBAGAI REFERENSI MENUJU UIN SUSKA RIAU GEMILANG DAN TERBILANG

uin-suska.ac.id Langkah demi langkah UIN Suska Riau terus berbenah diri untuk berubah dalam rangka menuju apa yang yang menjadi keinginan dan tujuan bersama. Senin, (27/09/2021) UIN Suska Riau melaksanakan zoom untuk membahas Rencana Strategis (Renstra) UIN Suska Riau tahun 2021-2025 bersama dua orang reviewer yakni Prof. Raihani, M.Ed, Ph.D dan Prof, Dr. Hendriati Agustiani, M.Si. Renstra merupakan dokumen perencanaan yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai yang di dalamnya dijelaskan mengenai arah dan sasaran strategis sebagai dasar dalam mengambil keputusan dalam pengembangan UIN Suska dalam jangka waktu empat tahun kedepan. Kegiatan secara offline ini dihadiri oleh Wakil rektor I dan III, Kepada Biro, Dekan di lingkungan UIN Suska Riau, LPM dan LPPM serta Tim Renstra UIN Suska Riau

Wakil Rektor I UIN Suska Riau Dr. Hj. Helmiati, M. Ag dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prof. Raihani, M.Ed, Ph.D Guru Besar UIN Suska Riau dan Prof, Dr. Hendriati Agustiani, M.Si dari Fakultas Psikologi Universitas Pajajaran Bandung yang telah berkenan memenuhi keinginan pimpinan untuk mereview dan memberikan masukan terhadap draf-draf  Renstra UIN Suska Riau tahun 2021-2014. Draf yang ada ini sudah kami menyusunnya semenjak akhir juli lalu tepatnya 3 minggu setelah para Wakil Rektor dan Dekan di lingkungan UIN Suska Riau siap dilantik, terang Helmiati.

Penyusunan draf Renstra ini dimulai dari melihat kondisi UIN Suska Riau dan melangkah untuk merumuskan visi, misi dan tujuan serta hal-hal yang mau dicapai empat tahun yang akan datang dengan menetapkan implementasi strategi dan strategi formulasinya. Sesungguhnya tim yang dibentuk sudah bekerja semaksimal mungkin sehingga melahirkan draf yang kita kirim ke Prof. Raihani dan Prof, Hendriati. Draf yang sudah ada merupakan hasil rangkuman-rangkuman, ide-ide dan gagasan dari piWakil Rektor I UIN Suska Riau Dr. Hj. Helmiati, M. Ag dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prof. Raihani, M.Ed, Ph.D Guru Besar UIN Suska Riau yang kebetulan sedang Program Sabbatical Leave di Boston dan Prof, Dr. Hendriati Agustiani, M.Si, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Pajajaran Bandung yang telah berkenan memenuhi keinginan pimpinan untuk mereview dan memberikan masukan pada draft Renstra UIN Suska Riau tahun 2021-2014. Wakil Rektor I, Dr. Hj. Helmiati, M.Ag dalam sambutannya pada acara Review Renstra menyampaikan bahwa Penyusunan draft ini sudah berlangsung sejak bulan Juli lalu dengan melibatkan seluruh pimpinan UIN Suska Riau, tepatnya beberapa waktu setelah pelantikan para Dekan dan para Wakil Rektor. Penyusunan draft Renstra ini dimulai dari melihat dan mengevaluasi kondisi (existing condition) UIN Suska Riau dan melangkah ke  perumusan visi, misi dan tujuan dan sasaran strategis yang ingin diwujudkan  empat tahun ke depan dengan mempertimbangkan tata nilai yang dianut UIN Suska dan menetapkan implementasi strategi dan strategi formulasinya. Renstra ini juga dilengkapi dengan road-map yang berisi program-program dengan indikator pencapaian serta uraian waktu pelaksanaan dan pihak yang bertanggung jawab dalam melaksanakannya, terang Helmiati. Tim Resntra sudah bekerja semaksimal mungkin sehingga melahirkan draft yang sekarang ada. Namun demikian, drfat ini tentu masih jauh dari tahap ideal, untuk itu kami mohon masukan dan catatan perbaikan dari para reviewer, tambah Helmiati. Masukan-masukan tersebut akan menyempurnakan draft Renstra UIN Suska Riau tahun 2021-2014 untuk selanjutnya akan dibahas dan mendapatkan pengesahan di Senat Universitas. Renstra ini diharapkan selanjutnya menjadi pedoman dan acuan dalam penentuan kebijakan dan penyusunan anggaran UIN Suska Riau hingga 2025 nanti, jelas Helmiati.mpinan UIN Suska yang ada saat ini. Oleh sebab itu kami yakin bahwa draf ini masih jauh dari tahap idel, untuk itu kami memohon masukan-masukan dari reviewer. Harapan kita, kegiatan pertemuan pagi ini walaupun melalui zoom dengan reviewer, tapi kita mendapatkan langsung masukan-masukan untuk lebih sempurnanya renstara UIN Suska Riau tahun 2021-2014. Hingga ketika dibawa ke rapat senat Universitas tim hanya menunggu pengesahan dan untuk dapat dilaksanakan sesegera mungkin karna tahun 2021 akan segera berakhir, jelas Helmiati.

Penulis : M. Huzaini

Foto     : Muzaiyanah

Editor  : Kasubag Humas