web analytics

Bentuk Kecintaan PTKIN pada Ekonomi Syari’ah

uin-suska.ac.id – Penganugerahan “Bapak Ekonomi Syari’ah Indonesia” kepada Wakil Presiden RI, Prof Dr (HC) KH Ma’ruf Amin Bukan tiba-tiba. Hal itu disampaikan rektor UIN Suska Riau, Prof Dr KH Akhmad Mujahidin, S.Ag, M.Ag menjelang acara digelar.

Sejak lama PTKIN se Indonesia berlomba-lomba menganilisis dan mengamati beliau. Sebagai sosok yang paling konsisten dalam bidang ekonomi syari’ah.

Jauh sebelumnya, UIN Syahid Jakarta paling  cepat merespon dan menggapi. Sehingga dianugerahkan gelar Doktor  “Honoris Causa” (HC) kepada beliau. Dalam bidang Hukum dan Ekonomi Syari’ah.

Tak lama kemudian, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pun menganugerahkan gelar guru besar Profesor Bidang Ekonomi Syaria’ah.

Akhmad Mujahidin mengungkapkan, UIN Suska Riau dan saya sebagai rektor juga sejak lama mengamati hal ini. Sebagai guru besar dalam kajian ekonomi syariah, beliau memiliki pemikiran-pemikiran inovatif di bidang ekonomi Syariah. “Setelah kita pantau, pelajari dan amati peran dan pemikirannya, penganugerahan ini sangat layak”. Ungkap rektor

Makanya, sebagai bagian dari kementerian Agama, UIN Suska Riau berinisiatif memberikan sesuatu.”Alhamdulillah beliau juga bersedia menerima gelar sebagai bapak ekonomi syaria’ah indonesia. Karena keilmuan beliau mumpuni di bidang itu”. Ungakp rektor semangat.

Rektor menambahkan, ini sebagai apresiasi dan penghargaan. Juga bentuk kecintaan PTKIN pada ekonomi Syari’ah. begitu juga terhadap sosok-sosok yang bisa memberi inspirasi yang sangat berarti dalam bidang ekonomi syari’ah di Indonesia.

Disamping itu, Wapres juga akan melakukan penandatanganan prasasti. Terkait penetapan Propinsi Riau sebagai zona ekonomi syariah. Dengan tagline nya seperti ditetapkan menteri agama “halal dan baik untuk seluruh Indonesia”.

Ma’aruf Amin dalam pandangan rektor dan civitas akademika UIN Suska Riau merupakan Santri yang fenomenal. Sebagai orang yang sejak kecil di didik di dunia pesantren, karirnya cemerlang.

Ditandai dengan kiprah beliau dalam perpolitikan nasional. Baik sebagai anggota DPR- MPR RI, juga pernah tercatat sebagai pendiri salah satu partai politik.

Dalam sosial kemasyarakatan, disamping sebagai ketua MUI pusat, juga sebagai Rois AM Nahdatul Ulama (NU) Indonesia. Dimana merupakan posisi tertinggi pengurus pusat organisasi keagamaan terbesar di Indinesia itu. Puncaknya, Ma’ruf Amin pun terpilih sebagai Wakil Presiden RI 2019-2024.***

Foto: Humas UIN Suska Riau

Penulis/Editor: Suardi