web analytics

PGMI S2: PROGRAM MAGISTER PERTAMA DI FTK UIN SUSKA RIAU

Bersamaan dengan Prodi Tadris IPA S1, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan membuka Program Magister pertama yaitu Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI S2). ini merupakan hal yang baru di UIN Suska Riau, karna biasanya program magister di bawah Program Pasca Sarjana. “Hal ini tidak bertentangan, karna sah-sah saja kalau jenjang S2 dan S3 dilaksanakan di fakultas”. Ungkap Mas’ud Zein Dekan FTK. Beliau menambahkan hal ini sangat baik karna terintegrasi dengan program sarjananya yang ada di fakultas, sebagaimana diatur dalam PMA No. 1 Tahun 2016, ada pasal yang mengatur Program Magister di fakultas. Ditegaskan juga oleh WR I, Dr. Hj. Helmiati, M.Ag., saat rapat koordinasi, Senin, 5 Juli 2017, lalu, “Karna di SK Dirjen Pendis No. 2642 Tahun 2017 tentang Izin Penyelenggaraan prodi ini disebutkan secara tertulis penyelenggaraannya pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan”, ungkapnya sambil menunjukkan SK yang dipegangnya. Jadi silahkan fakultas (FTK) mengatur terkait penyelenggaraannya”. Menyambut pernyataan WR I, Wakil Dekan III FTK, Prof. Dr. Hairunnas, M.Ag., menyebutkan “Kita akan menerima mahasiswa baru tahun ini, sosialisasi sudah kita lakukan melalui surat ke Kanwil, Dinas Pendidikan, juga media social, jejeraing alumni dan lainnya. target kita tidak hanya alumni PGMI tapi juga alumni PGSD dan guru-guru atau alumni prodi yang serumpun”.

“Ruang kelas dan sarana lainnya kita buat standar penyelenggaraan Program Magister”. Ungkap WD II, Dr. Zaitun, M.Ag., kita tetap berkoordinasi dengan universitas melalui WR II terkait sarana dan prasarananya.

PGMI S2 ini merupakan Program Magister PGMI yang pertama di Riau bahkan Sumatera. di Indonesia pun keberadaannya masih belum banyak. “Kita bangga bisa mendapatkan izinnya” ungkap WD I, Dr. H. Kusnadi, M.Pd. “Dosen kita sudah siap, dengan minimal 6 orang Doktor, saya sendiri bidang IPS, Dr. Nursalim bidang Bahasa Indonesia, Dr. Sukma Erni bidang IPA/PKn, Dr. Zubaidah Amir, MZ. bidang Matematika, Dr. Rian Vebrianto bidang IPA, dan Dr. Risnawati bidang Strategi Pembelajaran Matematika. Juga didukung tenaga Doktor dan Profesor yang ada di Fakultas (FTK)”.

Antusiasme alumni dan mahasiswa PGMI S1 sangat terlihat menyambut pembukaan Prodi PGMI S2 ini. “kita sudah menginformasikan kepada alumni PGMI dan juga mahasiswa, mereka menyambut baik dan sangat antusias karna sudah ada buka PGMI S2 di UIN Suska Riau”. Ungkap Ketua Prodi PGMI S1, Dr. Hj. Nurhasnawati, M.Pd. Beliau menambahkan “Untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 anak kita (mahasiswa PGMI) sudah mulai antusias, alumni kita yang lanjut S2 ngambil di Padang atau beberapa orang di Jawa, cuma belum banyak karna terkait pendanaan, kalau disini, bisa kerja sambil kuliah, atau paling tidak memperkecil pengeluaran karna masih tinggal dengan orang tua”.

Mengakhiri perbincangan, Dekan mengungkapkan harapannya, “Moga langkah yang kami (FTK) lakukan ini bias memicu prodi lainnya di UIN ini. Karna UIN melalui senatnya juga, sangat mendukung terkait pengembangan lembaga dalam memenuhi kebutuhan masyarakat”.

 

 

Red: Susilawati