web analytics

Mencari anak ikan Hiu

uin-suska.ac.id Setelah berhasil meningkatkan status dari STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) menjadi IAIN (Institut Agama Islam Negeri) tahun 2015 lalu, IAIN Mahmud Yunus Batu Sangkar kini intensif menjalin berbagai kerjasama. Salah satunya dengan UIN Suska Riau, yang dilaksanakan Kamis, (8/9/2016) lalu, bertempat di ruang rapat pimpinan lantai IV Gedung Rektorat UIN Suska Riau.

Seperti diungkapkan Rektor IAIN Batusangkar, Dr H Kasmuri, MA dalam sambutannya, “kehadiran kami disini ingin mencari anak ikan Hiu”. Diceritakan Kasmuri, di Jepang Ikan Salmon Segar memiliki harga sangat tinggi untuk diolah menjadi makanan tradisional Jepang. Syaratnya, ketika sampai di daratan harus dalam keadaan hidup.

Sayangnya, menjual ikan Salmon dalam keadaan hidup sangatlah sulit. Berbagai cara dilakukan para nelayan, termasuk membuat bak khusus di dek kapal namun tak juga berhasil. Hingga suatu ketika, seorang nelayan mencoba cara yang tergolong ekstrim.

Sang nelayan memasukkan anak ikan Hiu di bak tempat ikan salmon di dek Kapal. Anak Hiu itu pun terus-terusan mengejar para ikan Salmon. Hasilnya, sungguh luar biasa. Ketika sampai didaratan, ternyata ikan salmon tangkapan nelayan tak ada lagi yang mati.

Artinya, “kami kesini untuk mencari tantangan” ungkap Kasmuri. UIN Suska Riau bagi kami “anak Hiu” agar kami tetap hidup dan bisa eksis. Dr. H. Kasmuri pun menceritakan bagaimana beratnya perjuangan IAIN Batu Sangkar dalam menigkatkan status dari STAIN. Hingga saat ini IAIN Batu Sangkar telah memiliki empat Fakultas dan 23 Jurusan.

Sementara itu Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA dalam sambutannya berharap kerjasama antar kedua belah pihak bisa diprogram secara teratur dan bersifat reguler. “ dengan demikian diharapkan bisa memeberi manfaat nyata bagi kedua belah pihak dan umat umumnya” ujar Munzir Hitami. Bagi UIN Suska Riau, IAIN Batu Sangkar merupakan saudara se-habitat dan tak asing lagi. Bahkan juga pernah menjalin kerjasama sewaktu masih menjadi STAIN.

Adapun draf kerjasama berisi kesepakatan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan peningkatan Sumber Daya Manusia. Dalam kesempatan tersebut Munzir Hitami juga memperkenalkan satu persatu unsur pimpinan yang hadir. Mulai dari Wakil Rektor, Dekan, Para wakil Dekan dan perwakilan pimpinan lainnya. Dalam acara yang berlangsung penuh keakraban tersebut, juga dilanjutkan dengan pertukaran cenramata dari kedua belah pihak.***

Penulis: Suardi, M.I.Kom

Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

 

redaksi@uin-suska.ac.id