web analytics

KKN UIN Suska Riau 2016 Beda!

uin-suska.ac.id – Ribuan mahasiswa UIN Suska Riau semester atas yang sebagian tampak mengenakkan jaket almamater warna biru tua, Jum’at (15/6/2016) lalu, tampak memadati gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) di kampus UIN Suska Riau, Panam, Pekanbaru. Para mahasiswa yang merupakan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2016 ini terlihat antusias mengikuti acara Pembekalan KKN ke 40 yang ditaja Lembaga Penelitan dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Suska Riau.

Adapun tema KKN UIN Suska Riau tahun ini mengambil tema “ KKN Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA) berbasis Mesjid”. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan ketua LP2M UIN Suska Riau, Drs H Promadi, P.hd dalam sambutannya, bahwa KKN UIN Suska Riau tahun ini beda dengan tahun sebelumnya. “jadi kita senantiasa melakukan perubahan kearah perbaikan, sesuai motto UIN Suska Riau “Berubah untuk Maju”. Bila KKN sebelumnya pemberdayaan masyarakat cenderung saat mahasiswa berada dilokasi KKN, namun tahun ini beda. “Konsep yang kita terapkan tahun ini, bagaimana pemberdayaan masyarakat dilokasi KKN bisa mengakar dan terus berlanjut yang dimulai dari keluarga dengan berbasis masjid” ujar Promadi.

Tugas mahasiswa UIN Suska Riau di lokasi KKN nantinya, lebih pada menggali Sumber Daya keluarga di lingkungan masyarakat penempatannya, dan menggunakan Sumber Daya tersebut untuk membangun daerahnya. Dalam hal ini, LP2M UIN Suska Riau telah menghadirkan pembicara yang berkompeten dalam penerapan program tersebut yakni, Dr Hj Mufhida Khlaid, M.Ag yang juga merupakan ketua LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sebelumnya LP2M UIN Suska Riau, juga telah melakukan replenishment bagi para dosen pembimbing KKN demi mendukung program KKN tersebut.

Sementara itu dalam laporannya, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat LP2M UIN Suska Riau, Budi Azwar, SE, MS mengungkapkan, KKN tahun 2016 ini hanya dilaksanakan satu gelombang. Beda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan dalam dua gelombang. Begitu juga dengan tahapan pendaftaran hingga penentuan lokasi yang dilakukan secara online, dengan menggunakan aplikasi komputer hasil kerjasama LP2M dengan Pusat Teknologi Informasi Pangkalan Data (PTIPD) UIN Suska Riau.

Adapun peserta KKN UIN Suska Riau tahun ini, sebanyak 5.752 orang. Dimana 30 orang diantaranya, terpilih sebagai duta UIN Suska Riau dalam KKN Kebangsaan, yang tahun ini di pusatkan di Propinsi Kepulauan Riau. Sedangkan 28 orang lainnya berkesempatan melaksanakan KKN di Negara jiran Malaysia tepatnya di negeri Terengganu. Sebanyak 5.696 lainnya, tersebar di dua Propinsi yakni Propinsi Riau dan Kepulauan Riau yang terdiri dari 73 kecamatan dan 415 Desa.

Adapun pelaksanaan KKN 2016 ini dilakukan selama 45 hari, mulai 15 Juli hingga September 2016. Sedangkan untuk KKN Kebangsaan dilaksanakan selama 42 hari yang dimulai 21 Juni hingga 31 Agustus 2016.

Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara, mengajak para mahsiswa peserta KKN 2016 untuk memantapkan dan mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti program KKN UIN Suska Riau tahun ini. “program KKN sendiri merupakan program nasional yang menjadi syarat Surat Ketentuan Lulus (SKL), dalam menyelesaikan studi di perguruan tinggi” ungkap Munzir Hitami.

Untuk itu atas nama pimpinan Universitas, Munzir Hitami menghimbau, agar para mahasiswa peserta KKN UIN Suska Riau, dapat menjalankan program Tematik pemberdayaan masjid yang sudah direncanakan LP2M. Sebagai mahasiswa UIN, program ini tentunya sangat cocok dengan keadaam masyarakat kita yang 80 persen beragama Islam. Dimana, mesjid menjadi sangat penting sebagai pusat pembinaan masyarakat.

Tak kalah penting, bagi para mahasiswa peserta KKN yang turun kemasyarakat guna mengembangkan potensi dan Ilmu dimasyarakat, agar menampilkan tingkah laku Islami dan mencerminkan kode etik serta akhlak yang mulia. “karena inilah yang menjadi pembeda mahasiswa UIN Suska Riau dengan mahasiswa lainnya. Dimana mahasiswa UIN Suska Riau di harapkan lebih mengutamakan Akhlakul Karimah” ungkap Munzir Hitami.**

 

Penulis : Suardi, M.I.Kom

(Tim liputan Suska News: Donny, Azmi, PTIPD)

 

redaksi@ uin-suska.ac.id