web analytics

UIN Suska Riau Gandeng tim P4 D Kejaksaan Negeri Pekanbaru Kawal Penyerapan Anggaran

uin-suska.ac.id – Meski ditengah aksi demo mahasiswa di lantai I gedung rektorat, yang membuat sebagaian besar hadirin meninggalkan ruangan acara sosialisasi, namun stelah sempat menemui para pendemo,Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA tetap berkomitmen pada acara Sosialisasi tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan Pembangunan Daerah (P4 D) Kejaksaan Negeri Pekanbaru. Sesuai jadwal, acara juga diisi penantanganan kesepakatan kerjasama yang berlangsung di ruang Auditorium lantai V Gedung Rektorat UIN Suska Riau, Rabu (30/3/2014).

Seperti di ungkapkan rektor dalam sambutannya, sosialisasi ini penting dan memerlukan perhatian kita bersama. Selama ini kadang terjadi kesalahan-kesalahan disebabkan ketidak pahaman terhadap peraturan. “kita berniat melakukan sesuatu, ternyata salah” ungkap rektor. Inilah yang kita bentengi dengan sosialisasi dan penandatanganan kerjasama dengan sumber pertama, Kejaksaan Negeri Pekanbaru. Meski dalam keadaan kurang kondusip.

Sementara itu kepala kejaksaan negeri pekanbaru, Indianto, SH, MH dalam sambutannya mengungkapkan, ini suatu bentuk keinginan dan niat baik rektor untuk tetap menyelenggarakan acara di tengah adanya kejadian seperti ini. Pendampngan tim P4 oleh kejaksaan negeri Pekanbaru, baru tahun ini dilaksanakan. “kerjasama dan pendampingan tim P4 sendiri, berdasarkan instruksi presiden no 7 tahun 2015” ungkap Indianto.

Kepala kejaksaan negeri Pekanbaru, dalam kesempatan tersebut juga menceritakan awal terbentuknya tim P4 D. Begitu juga tujuan, sistem kerja dan wewenangnya dalam mengawasi proyek-proyek yang rawan penyelewengan. “pengawalan dan pendampingan yang akan kita lakukan, terkait penggunaan APBD maupun APBN. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pada penyerahan aset tingkat PPK dan KPA” ungkap Indianto.

Dalam acara yang juga diisi dengan diskusi dan Tanya jawab yang berlangsung seru itu, Indianto membeberkan tiga kunci, agar pengguna anggaran tak tak terjerat masalah hukum. Pertama, tertib administrasi, kedua tertib yuridis dan ketiga tertib fisik. Kejasaan negeri pekanbaru sendiri akan melakukan pengwalan dan pendampingan dengan tulus dan ihklas. Hal itu demi terwujudnya penyerapan anggara yang tertib dan bagus di UIN Suska Riau.

Meski aksi demo mahasiswa yang semula berlangsung dilantai satu, merengsek ke lantai V hingga di luar ruangan acara, namun acara tetap berlangsung lancar. Bahkan setelah acara, juga sempat terjadi insiden di Bagian Kepegawaian UIN Suska Riau.***

 

Penulis : Suardi

(Tim liputan Suska News: Donny, Azmi/ PTIPD)

 

redaksi@uin-suska.ac.id