web analytics

Diselimuti suasana khidmat, Wisuda Periode IV UIN Suska Riau Tahun 2014/2015 Kembali Lantik 1.113 Wisudawan

uin-suska.ac.id – Meski disesaki sekitar  5000 orang pengunjung dan Wisudawan, namun prosesi wisuda periode IV yang digelar di gedung PKM UIN Suska Riau pagi itu Sabtu, (29/8/2015) tetap terasa khidmat. Terlebih saat perwakilan wisudawan, Retni Agnesty salah seorang wisudawan pemuncak dari Fakultas Psikologi menyampaikan pidato. Sontak seluruh ruangan terasa hening. Sebagian besar pengunjung tampak larut dalam suasana haru, bahkan banyak yang sampai meneteskan air mata.

Prosesi wisuda sendiri sudah dimulai sejak pagi pukul 07.00 WIB. Wisudawan dan Wisudawati dari masing-masing fakultas, tampak berkumpul membentuk barisan dihalaman gedung Islamic Center UIN Siska Riau. Tiga puluh menit berselang tepatnya pukul 07.30 WIB, dengan diarak seni tradisonal kompang barisan mulai bergerak menuju gedung PKM UIN Suska Riau.

Setelah seluruh wisudawan memasuki gedung, tak lama berselang Suara kompang kembali membahana memecah susana. kali ini rombongan Senat Universitas yang diarak memasuki gedung menuju panggung kehormatan. Hadirin pun berdiri. Sejurus kemudian, lagu Indonesia Raya terdengar berkumandang yang dirangkai dengan Hymne dan Mars UIN Suska Riau.

Tepat pukul 08.30 WIB Pembukaan Sidang Senat Terbuka Dalam Rangka Wisuda Program Pasca Sarjana, Program Strata I, Serta Diploma digelar, yang dipimpin langsung ketua Senat UIN Suska Riau, Prof. Dr. H.M Nazir.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA mengatakan, pada periode IV ini UIN Suska Riau kembali me wisuda 1.113 orang lulusan dari 8 fakultas dan program pasca sarjana. Program Doktor kali ini me wisuda satu orang wisudawan yakni, Alies Anor Bin Abdul yang juga mantan Setia Usaha pada Perdana Menteri Najib Tun Razak Malaysia. Program Magister, 25 orang, Fakultas Psikologi 38 orang, Fakultas Ushuluddin, 37 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 59 orang, Fakultas Pertanian dan Peternakan, 38 orang, Fakultas Syari,ah dan Hukum, 136 orang, Fakultas Sains dan Teknologi, 129 orang, dan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial 256 orang, serta Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 394 orang.

Rektor juga berpesan kepada para Wisuawan, gelar akademik dan ilmu yang diperoleh, tak akan berarti tanpa diaktualisasikan dalam bentuk karya nyata bagi peningkatan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara. Kiprah dan karya para wisudawan di tengah masyarakat, menjadi salah satu indikator keberhasilan UIN Suska Riau membentuk generasi dan alumni. yakni generasi yang kokoh akidahnya, mantap ibadahnya, mulia akhlaknya, luas dan dalam ilmu dan wawasannya, tinggi keterampilannya serta kuat etos hidupnya. Dengan integritas ilmu dan integritas diri yang baik. Rektor juga berpesan agar wisudawan menjaga nama baik almamater, dan senantiasa meningkatkan hubungan silaturrahmi dengan keluarga besar universitas.

Pada kesempatan itu, Rektor juga menyampaikan beberapa pikiran pokok tentang strategi pengembangan UIN Suska Riau dalam pencapaian visi. Dimana, kebijakan dan program prioritas akan dilakukan secara bertahap berdasarkan rencana strategis UIN Suska Riau 2014-2018. Strategi pengembangan UIN Suska Riau 2014-2018, berfokus pada lima pilar utama. Yaitu meliputi, peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran berbasis integritas keilmuan; peningkatan mutu penelitian yang mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berbasis integritas ilmu; mengintensifkan peran UIN Suska Riau dalam mengnembangkan masyarakat berkeadaban; penguatan system manajemen UIN Suska Riau; dan peningkatan sumber daya insani. Kebijakan strategis ini, dioperasikan dalam bentuk program dan sub program kegiatan yang dilaksanakan pada tiap fakultas, lembaga atau unit kerja dilingkungan UIN Suska Riau.

UIN Suska Riau juga memberikan piagam penghargaan dan cenderamata pada pemuncak peraih indeks prestasi tertinggi. Diantaranya, dari program Magister Mohd Winaryo dengan IPK 3.75, sangat memuaskan. Dari Fakultas Ushuluddin Ilham Ramadhani dengan IPK 3.80 cumlaude. Fakultas Psikologi Retni Agnesty, IPK 3.78 sangat memuaskan. Fakultas Pertanian dan Peternakan, Yumi Aida IPK 3.54 cumlaude. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Nurul Fadilah, IPK 3.78 cumlaude. Fakultas Sains dan Teknologi, Yogi Kurnia Siregar IPK 3.53 cumlaude. Fakultas Syari’ah dan Hukum Sugeng Priyanto IPK 3.59 cumlaude. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Yulia Safitri IPK 3.74 dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Mutiara Ismet, IPK 3.86 cumlaude, serta Program D3 Tuti Rohayati dengan IPK, 3.77 Cumlaude. Sedangkan Wisudawan terbaik universitas, diraih Mutiara Ismet dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

 

 

Penulis : Suardi
Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id