web analytics

Bakti Pramuka Turun ke Desa dalam Rangkaian Kegiatan PWN PTK XVI 2023 Gorontalo

uin-suska.ac.id Pramuka Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang berjumlah 16 orang berperan aktif mengikut berbagai kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XVI di Bumi Perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo. Rabu (24/5/2023).

Sebagaimana salah satu hal yang diharapkan oleh Menteri Agama RI pada pembukaan PWN PTK XVI 2023 adalah Pramuka mampu memberikan aksi nyata untuk masyarakat. Pada PWN kali ini para peserta Pramuka Kegiatan pengabdian masyarakat ini dibagi menjadi empat desa, yaitu Desa Daenaa, Desa Pentadio, Desa Tilihua, dan Desa Botubarani. Dan para peserta Pramuka Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasin Riau diberikan tanggung jawab melaksanakan bakti di Desa Tilihua Kecamatan Limboto dengan setiap kontingen terbagi menjadi dua kloter yang beranggota 4 Putra dan 4 orang Putri.

Pada pengabdian masyarakat ini para peserta membersihkan tempat ibadah yaitu di Mushola Al-iqlas dan Masjid Al Munawarah. Keduanya berada di Kelurahan Tilihua, Limboto, Gorontalo. Acara pengabdian masyarakat dilaksanakan mulai pukul 08.30 hingga 10.30 WITA.
Selanjutnya Bhakti sosial lainnya adalah memberikan materi Cinta Tanah Air kepada anak-anak setempat. Bhakti ini dilakukan di SD 21 Limboto. Para peserta PWN PTK XVI 2023 dengan giat dan senang memberikan materi tersebut, dan tentunya dengan materi kepramukaan. Kegiatan terakhir dilakukan aksi menanam pohon produktif disekitaran Kelurahan Tilihua, Limboto. Harapannya agar pohon ini bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Penulis : Lasma sari