web analytics

Pendaftaran UM-PTKIN Diperpanjang, Warek I Minta Pendaftar Gunakan Kesempatan

uin-suska.ac.id Jadwal pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) diperpanjang hingga 18 Mei 2023. Hal ini disampaikan oleh Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo yang juga selaku Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UM-PTKIN, Prof. Dr. Imam Taufiq. M.Ag, Senin (15/5/2023).
“Banyak masukan melalui media sosial, siswa-siswi kita yang berharap perpanjangan pendaftaran, maka kami fasilitasi hingga tanggal 18 Mei 2023,” ungkap Imam Taufiq
Peserta dapat melakukan pendaftaran secara online melalui website um.ptkin.ac.id. Pendaftar harus melengkapi berkas sesuai persyaratan yang tertera pada form registrasi online. Mereka juga harus melakukan pembayaran melalui bank mitra.

“Pendaftaran dibuka hingga 18 Mei, tepatnya pada pukul 15.00 WIB, sedangkan batas finalisasi pendaftaran dapat dilakukan hingga Jum’at 19 Mei 2023 pada pukul 23.59 WIB,” jelas Imam.
Imam menambahkan, ujian pada UM-PTKIN 2023 akan menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) di titik lokasi kampus-kampus PTKIN seluruh Indonesia. Meski pendaftaran diperpanjang, jadwal ujian tidak berubah, tetap akan dilaksanakan serentak secara nasional pada 29 Mei hingga 8 Juni 2023.
Menanggapi perpanjangan jadwal pendaftaran UM-PTKIN ini, Wakil Rektor I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Prof. Dr. H. Helmiati, M.Ag menghimbau kepada para pendaftar untuk menggunakan kesempatan ini sebaik mungkin. “Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menawarkan 22 prodi keagamaan yang tersebar di empat fakultas untuk jalur UM-PTKIN. Bagi siswa/siswi yang ingin melanjutkan ke Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau silahkan segera mendaftar melalui website um.ptkin.ac.id,” Pungkasnya.
Adapun 22 prodi keagamaan tersebut adalah prodi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Lalu, pada Fakultas Syariah dan Hukum bisa memilih prodi Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah), Hukum Ekonomi Syari’ah (Muamalah), Perbandingan Mazhab Dan Hukum, Hukum Tata Negara (Siyasah), Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah. Selanjutnya,, pada Fakultas USHULUDDIN bisa memilih prodi, Aqidah dan Filsafat Islam, Ilmu Al-qur’an dan Tafsir, Studi Agama-agama dan Ilmu Hadis. Terakhir pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi bisa memilih prodi Pengembangan Masyarakat Islam, Bimbingan Konseling Islam dan Manjemen Dakwah.