web analytics

Rektor Sidak Seluruh unit di hari pertama pasca cuti bersama

uin-suska.ac.id Dalam rangka menindak lanjuti surat edaran MenPan Ad Interim No. B.480/M.KT.01/2023 dan Himbauan Sekjend Kemenag No. SE 13 tahun 2023, Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Prof. Dr. Khairunnas Rajab memimpin langsung sidak keseluruh unit dihari pertama masuk kerja (Rabu,26/04/2023) bagi seluruh ASN, tenaga kependidikan pasca libur Idul Fitri 1444 H. Sebelum dilaksanakan sidak tersebut, terlebih dahulu dilakukan briefing yang dihadiri seluruh pimpinan di ruang rapim lantai 4 gedung Rektorat. Didalam Sambutannya Khairunnas Rajab menyampaikan bahwa Rektor atas nama pribadi dan pimpinan memohon maaf kepada seluruh pimpinan lainnya, karena tidak ada gading yang tak retak selama memimpin UIN Suska Riau tentunya masih jauh dari kata sempurna sehingga terdapat salah dan khilaf, serta mohon doa terbaik dari semua elemen UIN Sultan Syarif Kasim Riau. maka dalam kesempatan yang utama ini dukungan kita semua sangat dialuh-aluhkan, seraya mengucapkan minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin, selanjutnya Rektor mengajak semua Civitas Akademika UIN Suska Riau untuk bersama-sama saling bahu membahu membawa kapal yang besar bernama UIN Sultan Syarif Kasim Riau ini ke tempat tujuan yang kita impikan yaitu UIN Suska yang Gemilang dan Terbilang.

Lebih lanjut Rektor mengatakan bahwa kegiatan hari ini adalah tidak lebih daripada mempererat hubungan Sillaturrahmi antara Pimpinan dan Unit-unit dilingkungan UIN Suska Riau baik tingkat Universitas maupun tingkat Fakultas dan Program Pascasarjana,”jadi jangan dipersepsikan atau lebih ditonjolkan Sidaknya, akan tetapi mari kita tonjolkan Meningkatkan Ukhuwwah dan Silaturrahmi antar sesama kita karena Pimpinan dengan kegiatan ini ingin melihat dan memastikan bahwa Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Nomor : SE/13/2023 tanggal 25 April 2023 tentang Cuti Pegawai Aparatur Sipil Negara Pada Kementerian Agama Pasca Cuti Bersama dan Penyelenggaraan Kegiatan Pasca Idul Fitri 1444 H, dan Surat Menpan RB Nomor : B/480/M.KT.01/2023 tanggal 24 April 2023 tentang Himbauan Pembatasan Penyelenggraan Kegiatan Pasca Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Selanjutnya, sebelum dimulai berkunjung disetiap unit kerja terlebih dahulu seluruh pimpinan saling berjabat tangan saling memaafkan sambil mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri 1444 H minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.
Dalam pelaksanaan sidak tersebut Rektor didampingi langsung oleh Wakil Rektor I, II dan III, Kepala Biro AUPK, Dekan dilingkungan UIN Suska Riau serta ketua lembaga dan kepala Unit. Sementara itu disetiap unit, rombongan disambut oleh Wakil Dekan, Ketua dan sekretaris Prodi, Kabag, kasubbag dan para Tendik. Sidak ini dilakukan semata-mata adalah dalam rangka menjalankan perintah sesuai surat edaran Sekjen Kemenag RI dan menegakkan disiplin Pegawai ASN.

Sidak diawali dengan pertemuan di ruang Rapat Pimpinan lantai 4 Gedung Rektorat.
Dengan adanya Surat Edaran dan Himbauan Di atas, maka untuk memastikan Kepatuhan Pegawai dan Dosen dilingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau, terutama Pegawai ASN, Pegawai Tetap Non PNS dan Dosen yang memperoleh Tugas Tambahan, dipastikan bahwa hari ini tanggal 26 April 2023 adalah hari pertama masuk Kantor dan bila ada pegawai yang mengambil Cuti dan memang sangat sulit terjangkau untuk kembali pada tanggal 26 April tersebut dapat menyesuaikan sebagaimana himbauan dan Surat Edaran di atas.
Sidak diawali di setiap unit yang ada di Rektorat dan dilanjutkan ke Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Psikologi, Dakwah dan Komunikasi, Syariah dan Hukum, Ushuluddin, Pertanian dan Peternakan, Tarbiyah dan Keguruan, Sains dan Teknologi, LPPM, LPM , Ma’had Aljami’ah dan diakhiri di Program Pascasarjana. Dengan adanya sidak ini, Rektor berharap apa yang kita lakukan ini menajdi contoh dan awal yang baik setelah lebaran, kita kembali kepada suci dan terus membangun paradigma baru sebagaimana merekonstruksi diri semakin matang dan menuju kedewasaan dalam rangka menuju cita-cita luhur kita menjadi UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang gemilang dan terbilang. Selain komitmen kita melestarikan nilai-nilai budaya yang tidak boleh kita abaikan untuk menunjukkan karakteristik yang integratif antara ilmu keislaman dengan sains dan seni, budaya dan Tamaddun melayu.
Terakhir Rektor mengatakan bahwa setakat ini kehadiran pegawai dilingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau dihari pertama masuk pasca libur Idul Fitri sangat antusias karena mereka tahu bahwa ini kampus yang harus mereka jaga dan rawat sehingga kehadiran menunjukkan kedisiplinan mereka dalam rangkan mewujudkan UIN Suska Riau yang gemilang dan terbilang.