web analytics

REKTOR UIN SUSKA RIAU MENDAPAT KEHORMATAN DITERIMA BERKUNJUNG DI RUMAH KEDIAMAN WAKIL PRESIDEN RI

uin-suska.ac.id Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag yang didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Edi Erwan, M.Sc, Ph.D mendapat kehormatan diterima oleh Wakil Presiden RI, Prof Dr. KH. Ma’ruf Amin di rumah kediaman yang sekaligus merupakan kompleks Sekolah Tinggi Ilmu Fiqih Syekh Nawawi, Tanara (STIF SYENTRA) Banten pada pada Sabtu tanggal 25 Maret 2023. Dalam Pertemuan yang penuh keakraban tersebut pak Wapres secara panjang lebar mengulas tentang sejarah tasawuf yang melahirkan thariqat Qodiriyah-Naqsyabandiyah yang dikembangkan oleh Syeik Nawawi dari gurunya Syeikh Abdul Karim di Banten yang terus berkembang hingga Suryalaya (Abah Sepuh dan Abah Anom). Dengan sedikit menyambung cerita, rektor yang juga sebagai Psikoterapis Islam menyampaikan tentang pondok remaja inabah, PP Suryalaya yang notabenenya menjadi pelopor pemulihan narkoba, melalui metode Thariqah Qodoriyah-Naqsabandiyah.


Selain itu Abah panggilan akrab pak wapres juga menjelaskan tentang beberapa terobosan guna mewujudkan ekonomi syariah yang merupakan kebangkitan umat Islam yang kedua. Diantara langkah konkrit yg telah dilakukan diantaranya dengan membentuk Komite nasional ekonomi syariah (KNEKS), masyarakat ekonomi syariah (MES), dan beberapa hal lainnya untuk mensupport terwujudnya ekonomi syariah ditengah-tengah masyarakat. Sebagai Bapak Ekonomi Syariah Indonesia (anugerah yang diberikan UIN Sultan Syarif Kasim Riau tahun 2020) pak wapres memiliki gagasan yang luar biasa dan didukung penuh oleh pemerintah, di mana berdiri tegaknya Bank Syariah Indonesia sebagai wujud nyata pemikiran sang Abah. Bapak wakil Presiden berterima kasih dan sangat senang diberikannya anugerah sebagai Bapak Ekonomi Syariah dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Abah juga mendukung penuh kajian-kajian Tasawuf yang menurut teramat penting dalam menjawab persoalan hati manusia, ber tazkiyah dan bertasawuf tuturnya.

Khairunnas Rajab pada pertemuan itu juga mohon izin meneliti buah karya dan gagasan dari Abah, agar termanfaatkan secara baik masyarakat dunia, Islam khususnya, dan abah mengiyakannya.
Pertemuan yang berlangsung kurang lebih 1 jam tersebut dilanjutkan dengan acara penandatanganan MoA antara dua Fakultas yakni Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dengan prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) dan Prodi Hukum Keluarga Islam STIF SYENTRA. Penanda tangan MoA ini merupakan tindak lanjut dari penandatangan MoU antara Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kaim Riau dengan STIF SYENTRA. pada tanggal 18 Maret 2023 yang lalu. Kedepan diharapkan dapat ditindaklanjuti dengan implementasi program program unggulan dalam bingkai Tri Dharma Perguruan Tinggi dari kedua belah pihak yang dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan kedua kampus.

Humas*