web analytics

WAKIL REKTOR 2 MENDAPAT HADIAH UMROH PADA RAT KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) UIN SUSKA RIAU TAHUN BUKU 2022

uin-susk.ac.id Sebagai agenda wajib, Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) UIN Suska Riau melaksanakan Rapat Anggaran Tahunan (RAT)secara offline yang pada 2 tahun sebelumnya dilakukan secara online karena pandemic Covid 19, Kamis, 16/03/2023, bertempat di Auditorium lt 5 gedung rektorat, kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor II, Kakandepkop dan UMKM kota Pekanbaru, Kepala KPRI UIN Suska Riau dan jajarannya, Dewan Pengawas Koperasi UIN Suska Riau, Dekan Fekonsos, serta seluruh anggota KPRI UIN Suska Riau.


Agenda RAT diawali dengan pengesahan Tatib, dilanjutkan dengan laporan pertanggung jawaban oleh kepala KPRI UIN Suska, Drs. Suhaimi D, M.Si, dalam laporannya disampaikan bahwa adanya RAT ini menandakan bahwa KPRI UIN Suska Adalah KPRI yang sehat, terbukti pada 20 September 2022 KPRI UIN Suska masuk kedalam 15 koperasi yang berprestasi dari 468 KPRI yang aktif dikota Pekanbaru, selain itu tentang jumlah keanggotaan pada 31 Desember 2022 berjumlah 508 orang, dengan 20 orang anggota yang keluar dikarenakan pensiun, wafat dan mengundurkan diri, bidang usaha yang dimiliki oleh KPRI UIN Suska Riau Adalah Simpan Pinjam yang mengalami peningkatan sebanyak Rp. 1.548.395.000 dengan frekuensi pelayanan sebanyak 174 kali pelayanan yang pada tahun sebelumnya hanya 155 kali pelayanan dengan rata-rata pinjaman sebesar Rp. 60.902.268 dengan modal Rp. 14.128. 892.765, selain usaha simpan pinjam KPRI juga memiliki bidang sosial yang diberikan kepada anggota KPRI, selain itu dalam menghadapi hari Raya Idul Fitri, KPRI juga mempersiapkan dana pinjaman tanpa jasa sebesar Rp. 2.000.000,- untuk 7 orang anggota dengan pengembalian sebanyak 4 kali angsuran, jelas Suhaimi.
Laporan ini disahkan oleh Dewan pengawas KPRI UIN Suska Dr. H. Mohd Nasir Cholis , MA, yang beranggotakan Drs. H. M. Syarif dan Drs. H. Ahmad Syah, MA.


Kakandekop dan UMKM Pekanbaru dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Promosi dan pengembangan usaha, sarana dan prasarana, bapak H.Buhairo, S.Ag pada kesempatan ini menyampaikan bahwa “koperasi adalah untuk mencari keuntungan bersama, untuk itu jangan hanya mengandalkan simpanan pokok semata, tetapi buatlah inovasi-inovasi karena koperasi UIN Suska ini memiliki tempat yang sangat strategis karena berada ditengah- tengah kampus yang memiliki mahasiswa yang sangat banyak”, ungkapya
Wakil Rektor II, Dr, H, Mas’ud Zein, M.Pd, mewakili Rektor membuka RAT ini ,” mengurus koperasi yang beranggotakan 500 orang ini tidaklah mudah, untuk itu demi kelancaran koperasi UIN Suska Riau, kepada para anggota koperasi yang melakukan peminjaman ke koperasi agar dapat melaksanakan kewajibannya melakukan pembayaran tepat waktu, selain itu Mas’ud Zein juga mengharapkan koperasi harus membuka bidang usaha lain selain usaha simpan pinjam, tegasnya
Sesi pandangan dan tanggapan yang menghasilkan keputusan yaitu melaksanakan penalangan dana Resiko/uang tabarruk dalam penyelesaian utang piutang anggota yang wafat dengan pemotongan 2,5 % dari pinjaman awal, kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian hadiah untuk 5 orang penyimpan terbanyak,dan puncak kegiatan ini adalah pemberiah hadiah umroh yang jatuh kepada bapak Dr. H. Mas’ud Zein, M.Pd.

Penulis : Muzayyanah