web analytics

ASN UIN Suska Riau Ikuti Ujian CAT Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama Tahap II

uin-suska.ac.id UIN Suska Riau kembali melaksanakan ujian CAT Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama (IPMB) tahap II bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang belum mengikuti ujian CAT IPMB pada tahap I, Selasa (28/02/2023). Sebelumnya, Ujian CAT IPMB Tahap I telah dilaksanakan pada Rabu (28/12/2022) dan diikuti oleh 732 orang ASN di lingkungan UIN Suska Riau.
Kegiatan yang dipusatkan di Labor Komputer PTIPD UIN Suska Riau ini juga dilaksanakan secara serentak di 286 titik lokasi di seluruh Indonesia. Ada 106 orang yang mengikuti CAT IPMB di UIN Suska Riau yang terdiri dari Rektor, wakil Rektor, Direktur pascasarjana, Dekan, Wakil Dekan, Dosen dan Tenaga Kependidikan.

CAT IPMB ini secara langsung dibuka oleh Sekretaris Jendral Kementrian Agama RI, Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag melalui aplikasi zoom. Dalam arahannya Prof. Nizar Ali menyampaikan bahwa berdasarkan system MERIT, perlu dilakukan langkah- langkah yang terstruktur dan terukur serta sistematis guna menentukan treatment yang tepat bagi penguatan ASN Kemenag RI yang akan menjadi agent of change dalam memberikan layanan terbaik bagi umat.
Lebih lanjut Nizar Ali menambahkan bahwa dengan jumlah ASN yang sangat besar dibawah Kemenag RI perlu disikapi secara tepat dengan berbagai metode dan tool yang harus sesuai dan akurat, salah satunya dengan penggunaan infrastruktur CAT sehingga dapat dilakukan pengukuran secara massif bagi seluruh ASN Kementerian Agama dan didapatkan peta yang mengukur keprofesionalan seorang ASN. Diharapkan ASN Kementerian Agama menjadi ASN yang Profesional dan moderat dengan tingkat moderasi Beragama yang tinggi dalam melayani masyarakat.


Sementara itu, panitia CAT IPMB pusat menghimbau agar seluruh ASN melakukan persiapan dengan mengikuti panduan pada video yang diputar sebelum pelaksanaan ujian. Adapun jumlah soal IPMB tahap II ini sebanyak 27 soal untuk Tenaga kependidikan dan 28 soal untuk Tenaga Pendidik dengan durasi waktu 90 Menit/sesi.
Tes CAT IPMB Tahap II berlangsung dengan tertib dan lancar berkat kerjasama seluruh komponen yang ada di Bagian Kepegawaian UIN Suska Riau dan Tim IT yang saling bersinergi.

Penulis : Muzaiyanah