web analytics

KULIAH UMUM FTK DATANGKAN NARASUMBER DARI NEGERI JIRAN

uin-suska.ac.id Setelah libur panjang semester, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau mengawali semester genap tahun akademik 2022/2023 dengan kuliah umum, Kamis (23/02/2023). Dua orang narasumber dari negeri Jiran Malaysia didapuk untuk memberikan materi pada kegiatan yang mengusung tema “Kiat menjadi Mahasiswa berkualitas dan berprestasi di era 5.0” ini. Mereka adalah Dr. Kartini Binti Abdul Mutalib, pengarah dari Institut Pendidikan Guru Kampus Perempuan Melayu (IPGK PM) Durian Daun, Melaka, Malaysia, dan Prof. Dr. Roziah Mohd Rasdi, Ph.D, pengarah dari Fakulti Pengajian Pendidikan Universiti Putra Malaysia.

Dalam arahannya, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. H. Kadar, M.Ag, mengutip ayat Alqur’an tentang kiat- kiat menjadi mahasiswa yang berkualitas dan berpotensi. “Manusia ketika diciptakan oleh Allah, lahir dari perut seorang ibu dan tidak mempunyai pengetahuan apa-apa, tetapi Allah berikan potensi yang luar biasa yaitu penglihatan, pendengaran dan hati/pikiran. Jika potensi ini kita kelola dengan baik, maka kita akan menjadi orang yang berilmu. Jadi kalau kita tarik kepada metode pembelajaran, belajar itu mesti menggabungkan dan mensinergikan antara indra batin dan indra zohir sehingga akan terbentuk pengetahuan dan kecerdasan yang baik. Untuk lebih detail lagi akan disampaikan oleh kedua narasumber, untuk itu mari ikuti kegiatan kuliah umum ini dengan sebaik mungkin.” Tutup Dr. Kadar.

Sementara itu, ketua panitia Dr. Yuliharti, M.Ag dalam laporannya menjelaskan bahwa yang melatar belakangi tema kuliah umum pada hari ini adalah masih banyaknya mahasiswa yang belum menyadari fungsi dan tugasnya sebagai mahasiswa. “Padahal untuk menjadi mahasiswa saat ini tidak hanya mengejar nilai akademis semata tetapi harus menjadi mahasiswa yang sadar dan mengetahui fungsi serta peran mahasiswa sebagai agent of change, social control, guardian of value, iron stock dan moral force. Dengan fungsi dan peran tersebut mahasiswa harus memiliki kepribadian yang baik, wawasan yang luas dalam bidang keilmuan, memiliki kreatifitas serta menguasai teknologi, agar kelak mampu menghadapi dunia kerja.” Ujarnya.

Kuliah umum ini dilaksanakan secara luring di auditorium lantai V Rektorat UIN Suska Riau yang diikuti Dosen, tendik dan 200 mahasiswa FTK selebihnya mengikuti secara online.

Pada kesempatan ini, Dr. Kartini Binti Abdul Mutalib memaparkan tentang kiat-kiat bagaimana menjadi mahasiswa yang berprestasi, berkaitan dengan hal ini, apakah yang perlu dikuasai dalam menghadapi era 5.0, khususnya berkompetisi pada abad ke-21.
Kemudian diperkuat lagi oleh Prof. Dr, Roziah Mohd Rasdi, Ph.D yang memaparkan tentang Peranan Pengembangan dalam Meningkatkan Sumber Daya Individu.

Para peserta kuliah umum sangat antusias mengikuti Kuliah umum bersama moderator Susilawati, M.Pd.

Humas