web analytics

Wisuda Priode III: Rektor Serahkan 800 Alumni kepada IKA UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Pelaksanaan Wisuda Priode III Tahun Akademik 2023/2024 ditandai dengan penyerahan alumni kepada Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UIN Suska Riau. Rabu, (22/02/2023) kegiatan prosesi wisuda hari ini dihadiri oleh Ketua IKA Abdul Wahid yang juga sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PKB dan Sekretaris IKA Alnofrizal yang juga sebagai Bawaslu Provinsi Riau. Tak ketinggalan juga tampak hadir Purwaji, S.Sos sebagai Ketua Pengurus Wilayah Ansor. Sebanyak 800 orang peserta wisuda resmi diterima Ketua IKA UIN Suska Riau sebagai anggota baru.


Dalam sambutannya Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag menyampaikan bahwa sikap moderat merupakan satu sikap yang menghormati dan menajdi teladan serta memiliki karakter bahwa Indonesia bagian dari prototipe negara yang menyonsong keadilan dan keteladanan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dinamika kebangsaan dan keindonesiaan kita tentulah pasti bergulir dengan baik jika kita menyadari sepenuhnya bahwa bangsa ini berbeda-beda tapi satu tujuan dengan Bahasa yang satu, Bangsa yang satu, Indonesia jaya, Indonesia hebat, Indonesia Tangguh.
Pada kesempatan ini Rektor juga melaporkan bahwa peserta wisuda priode III sebanyak 800 orang ini terdiri dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 258 orang, Fakultas Syariah dan Hukum sebanyak 82 orang, Fakultas Ushuluddin sebanyak 77 orang, Fakultas Dakkwah dan Komunikasi sebanyak 164 orang, Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 77 orang, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial sebanyak 67 orang, Fakultas Pertanian dan Peternakan sebanyak 12 orang, Fakultas Psikologi sebanyak 41 orang dan Program Pascasarjana sebanyak 22 orang. Sementara yang menjadi pemuncak Universitas dari Program Pascasarjana adalah Hengki Irawan dengan IPK 3,89 (Cumlaude) dan untuk Program Sarjana adalah Nilma Arnita dengan IPK 3,89 (Cumlaude)


Rektor juga menyampaikan kemajuan-kemajuan yang raih UIN Suska akhir-akhir ini demi mencapai kegemilangan dan keterbilangan diantaranya bukti nyata bahwa ditahun ini kita memiliki orang-orang hebat dan patut disegani dunia dengan lahir 8 orang professor baru di UIN Suska Riau. Webometrics kita meningkat tajam dari capaian 144 sekarang menjadi 69 secara nasional. Tingkat E-SMS dari nomor 16 dari 17 UIN di PTKIN kementerian Agama hari ini kita berada pada peringkat 6. Hal ini semua dicapai berkat komitemen semua jajaran dan civitas akademika UIN Suska Riau tidak satupun yang tidak berkontribusi sehingga menjadi bagian dari UIN Suska Riau untuk mencapai visi kegemilangan dan keterbilangan.
Melalui wakil rakyat yang hadir saat ini Rektor berpesan agar dapat memperjuangkan aspirasi ini dan disampaikan kepada pemerintah dan kementerian agama bahwa UIN Suska Riau sudah berbeda dan UIN Suska yang dulu yang siap mendukung pemerintah untuk masyarakat Indonesia yang adil dan makmur, tegas Prof. Hairunnas..


Sementara itu Ketua IKA UIN Suska Riau Abdul wahid dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua dosen yang telah meberikan jasa yang besar kepada wisudawan/wi atau alumni ini. Wahid sebagi Ketua IKA UIN Suska berpesan “bahwa hidup ini harus semangat yang digantung dengan cita-cita dan harapan dan insya Allah dia akan mencari jalannya sendiri, karna hidup sudah ditentukan oleh tuhan”.


Kami sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni UIN Suska Riau telah menerima para wisudawan/ti yang diwisuda hari sebagai anggota baru IKA UIN Suska Riau dan nanti kalaupun tersesat jalan mudah-mudahan Alumni bisa menunjukkan jalannya. Katua IKA berharap kedepan ada alumni UIN yang berkiprah ke level yang lebih besar dan tinggi lagi sehingga bisa memegang puncak pengambil kebijakan yang sangat strategis sehingga mampu menempatkan alumni-alumni ke segala lini. Dipenghujung sambutan beliau berharap jika UIN mau mambangun atau membuka Fakultas Kedokteran saya siap membantu, dan kepada alumni jangan berhenti hanya sampai dengan Sarjana S1, tutur Wahid.

Penulis : Huzaini