web analytics

Penantian Panjang Mahasiswa UIN Suska Riau memiliki Dema Defenitif segera terwujud

uin-suska.ac.id setelah sempat menunggu beberapa bulan, akhirnya Senat Mahasiswa (Sema Universitas) melalui Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) laksanakan debat kandidat calon Ketua dan Wakil Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN Suska Riau priode 2023. Kegiatan debat kandidat ini dilaksanakan pada Senin (13/02/2023) yang bertempat di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Suska Riau dan dihadiri oleh Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor III, Kepala Biro AAKK, Panelis I, II, III dan IV Ketua Senat Universitas, perwakilan UKK, UKM, SEMA, DEMA dilingkungan UIN Suska Riau dan para Calon Ketua dan Wakil Ketua DEMA UIN Suska Riau.

Ketua panitia sekaligus KPUM UIN Suska Riau Zuniar dalam laporannya menyampaikan bahwa anggota KPUM Universitas berjumlah 23 orang yang bertugas lebih kurang satu bulan ini dan akan melaksanakan pemiliha Dema UIN Suska Riau. Sebelumnya kami telah membuka pendaftaran selama 10 hari dan mendaftar sebanyak 3 pasang calon, setelah dilakukan verifikasi dokumen ketiga pasang calon dinyatakan lulus yakni Rofiq dan Firman Putra Aditama, Ahmad Robert Joko Purnomo dan Tandi Nawang Nokus serta Aan Sagita dan Hamzah Saepul Muharam. Lebih lanjut zuniar menjelaskan sesuai dengan Juknis bahwa tanggal 13 Februari ini kita akan adakan Debat Calon Ketua dan Wakil Ketua, sementara 14 Februari akan diadakan Musyawarah Besar (MUBES) dengan mengusung Tema “Membangun Generasi Pemimpin yang Berkualitas dan Berintegritas Guna Mewujudkan Estafet Kepemimpinan yang Edukatif, Kreatif, Humanis, Religius, dan Inovatif”. Dengan harapan akan lahir sosok pemimpin yang bertanggung jawab, berani, gagah, religius, humanis, bertangung jawab dengan baik dan benar untuk satu tahun UIN Suska kedepannya dan dapat mewujudkan masyarakat UIN Suska yang sejahtera.

Sementara Ketua Sema Universitas Ferdi Gusman Hidayat dalam sambutan singkatnya mengucapkan terima kasih kepada KPUM Universitas yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan sukses dan lancar berkat dukungan dari pimpinan dan juga teman-teman mahassiwa. Gusman Hidayat juga mengingatkan pada kandidat calon dan para mahasiswa yang akan menyampaikan pertanyaan untuk dapat mempersiapkan pertanyaannya dengan baik dan disesuaikan dengan isu atau keadaan kampus kita saat ini sehingga menjadi pertimbangan dan solusi untuk kita semua saat presiden dan wakil presiden terpilih nantinya untuk menjalankan masa kepengurusannya.
Drs.H. Yasrizal, MA sebagai Kepala Biro AAKK UIN Suska Riau dalam sambutanya menyampaikan bahwa dalam kegiatan Mubes ini tidak hanya nilai demokrasi yang kita dapati tapi dibalik itu pelajaran-pelaran yang sangat berarti, namun yang paling penting adalah mari bersama-sama kita bangkit untuk memajukan UIN Suska Riau yang gemilang dan terbilang. Kegiatan ini merupakan proses yang tidak terpisahkan dari sisi pengacaan diri bagi mahasiswa terutama bagaimana menciptakan demokrasi dikalangan mahasiswa.. diakhir sambutan Drs. H. Yasrizal berpesan dimana mahasiswa merupakan masyarakat elit minority yang hanya segelintir, tapi bagaimana iya mewarna bukan diwarnai. Mereka tidak kenal ruang dan waktu iya bisa mewarnai sesuai dengan nilai-nilai kemasiswaan yang sudah dimiliki.

Wakil Rektor III UIN Suska Riau Prof.Edi Erwan, S.Pt., M.Sc., Ph.D dalam arahannnya menggambarkan bahwa setelah penantian yang cukup panjang, semenjak akhir tahun 2022 hingga saat ini, dimana proses etape Dema Universitas yang hari ini merupakan pelaksanaan pemilihannya sudah mencapai 98% dan 2% tinggal Musyawarah Besar (Muber) saja, terang Prof. Edi. Disamping menyampaikan pesan kepada para mahasiswa bahwa dalam mewujudkan visi Universitas menjadi gemilang dan terbiang setidaknya Pertama Dari unsur mahasiswa, dimana yang akan menjadi barometernya adalah sejauh mana kegiatan kemahasiswaan biasa menyumbangkan prestasi baik nasional maupun internasional. Kedua Dukungan dan komitmen pimpinan serta support dalam mefasilitasi bagaimana mahasiswa itu bisa meraih prestasi, dan akhir-akhir ini kita tengah mempersiapakan beberapa sarana olah raga diantaranya lapangan bola kaki, basket dan bola voli


Prof. Edi Erwan sebagai Wakil Rektor bidang kemahasiswaan memberikan motivasi kepada para mahasiswa “bahwa selagi menjadi mahasiswa inilah ananda untuk dapat berproses menjadi manusia yang punya sosok yang natinya akan dinanti-nantikan masyarakat”. Oleh sebab itu mampaatkan kesempatan ini dengan baik terutama dalam kontek leadership (Kepemimpinan) yang akan bisa mengantarkan UIN Suska yang gemilang dan terbilang. Diakhir sambutan Prof. Edi Erwan langsung membuka kegiatan ini secara resmi.

Penulis : Huzaini