web analytics

Jum’at Berkah; Civitas Akademika UIN Suska Riau Laksanakan Sholat Gaib

uin-suska.ac.id Duka mendalam beberapa hari ini telah menyelimuti warga Turki akibat gempa dahsyat magnitudo 7.8 yang menyebabkan banyak bangunan yang roboh, ribuan orang meninggal dunia dan luka-luka serta terpaksa mengungsi.
Melihat dan mendengar ujian serta cobaan yang sedang dialami warga muslim di Turki, Civitas Akademika UIN Suska Riau melaksanakan Sholat Ghaib dan aksi penggalangan dana kemanusiaan yang dilaksanakan di Masjid Al-Jami’ah UIN Suska Riau, Jum’at (10/02/2023).

Pelaksanaan Sholat Gaib dan aksi penggalangan dana ini dilaksanakan setelah pelaksanaan Sholat Jum’at yang dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor II, III, Kepala Biro AAKK, Dekan dan Wakil Dekan, Kepala UPT, Dosen, Tendik, Mahasiswa UIN Suska Riau dan Masyarakat umum.
Dr. Alwizar, M.Ag selaku Khatib Jum’at dalam khutbahnya yang bertema mewaspadai datangnya siksaan Allah SWT menyampaikan pesan bahwa tak seorangpun yang bisa menghindari ujian, siksaan, bala dan cobaan dari allah SWT, karena sesungguhnya ujian itu akan datang baik kepada orang yang sholeh maupun orang yang bergelimang dengan dosa. Oleh sebab itu, setiap manusia harus mewaspadai datangya siksaan atau ujian tersebut dengan cara antara lain meningkatkan iman kepada Allah SWT.
Lebih lanjut, Khotib juga menegaskan bahwa Imam Junaid Albaghdadi menjelaskan bahwa bala atau ujian yang menimpa seseorang dibedakan menjadi 3 macam yaitu ujian atau bala akan mengangkat derajat seseorang, ujian atau bala akan menjadi penghapus segala dosa dan ujian atau bala akan menjadi azab.


Sementara itu, Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Hairunnas, M.Ag dalam sambutannya setelah pelaksanaan sholat gaib menyampaikan bahwa UIN Suska Riau turut berbela sungkawa dan berduka sangat mendalam atas gempa yang terjadi di Turki yang sampai hari ini telah menelan koban lebih dari 21 ribu orang, belum termasuk yang luka-luka. Untuk itu, bagian dari kepedulian kita terhadap kemanusian, kita buktikan bahwa UIN Suska Riau hari ini telah melaksanakan sholat gaib dengan harapan mereka yang telah meninggal dunia mendapat ketenangan dan semua amalannya diterima serta mendapat ampunan Allah SWT.
Kedepan Prof. Hairunnas berharap kepada Civitas Akademika UIN Suska Riau untuk sama-sama berdo’a dan dibarengi dengan memberi batuan dari harta yang dimiliki untuk membantu mereka yang sedang kehausan dan kelaparan.
Dengan tegas Prof. Hairunas juga menyatakan bahwa mulai hari ini kita akan bersama-sama memberikan infaq, shadaqah untuk kemaslahatan kemanusiaan ini, semoga Civitas Akademika UIN Suska Riau bisa membantu dengan seikhlas-ikhlasnya.