web analytics

RAKORNAS KEHUMASAN BERTAJUK ‘TINGKATKAN SINERGITAS DEMI KEMAJUAN PTKIN’

uin.suska.ac.id Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI selenggarakan rapat koordinasi nasional Humas PTKIN se-Indonesia bertempat di ruang rapat Lt. 9 tower Tengku Ismail Yakub gedung Twin Tower UIN Sunan Ampel Surabaya. Acara ini dihadiri oleh delegasi bidang kehumasan PTKIN se-Indonesia.
Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdani menghimbau seluruh Humas agar cerdas dalam mengelola informasi. “Humas dalam menyuguhkan berita harus pintar mengelola issu dan komunikasi kepada masyarakat serta informasi yang disampaikan juga harus jelas,” terangnya.

Beliau juga banyak memberikan ilustrasi supaya pemberitaan itu memiliki kesan bagi pembacanya. “Humas sebagai etalase PTKIN, maka berita yang disajikan memiliki halo effect, memilki kesan positif awal terhadap pemberitaan sehingga bisa mempengaruhi persepsi seseorang atas informasi yang disampaikan,”paparnya.

Dirjen Pendis juga berpesan kepada para Humas dalam membuat berita perlu ketenangan dan kesungguhan. “Kesungguhan dan ketenangan sangat dibutuhkan dalam membuat berita, hindari membuat berita waktu marah, karena kemarahan menghilangkan sebagian kecerdasan,”ujarnya.

Kepada para Humas Dirjen pendis berpesan agar memiliki kemampuan seni, pengetahuan dan keterampilan yang dapat digunakan untuk menganalisis kecenderungan. “Humas harus mampu memprediksi konsekuensi-konsekuensi, memberikan advis bagi pemangku kepentingan, melaksanakan program yang terencana, menjaga kepentingan Kemenag maupun kepentingan masyarakat,”tegasnya

Rektor UINSA, Akhmad Muzakki dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyuguhan berita itu harus mengetahui sasarannya. “Wajah PTKIN yang memiliki prestasi akademik dan non akademik dikenal karena para Humasnya yang keren dalam menyuguhkan informasi kepada generasi milenial,”ungkapnya.
kegiatan Rakornas ini diinisiasi oleh Humas Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI yang berlangsung pada tanggal 6 s.d 8 Februari 2023.
Dengan adanya Rakornas kehumasan ini akan membawa dampak yang positif bagi Humas PTKIN diseluruh Indonesia dan saling besinergi , karena sebagaimana yang kita ketahui humas merupakan garda terdepan untuk promosi Universitasnya masing-masing.
Pada kesempatan ini pula, ketua Forum Humas terpilih yakni Hayatul Islam dan Yuni salma sebagai Sekretaris juga sharing informasi kepada para Humas terhadap kendala yang sering terjadi di lapangan ketika melakukan tugas kehumasan.

Berbagai macam masukkan serta kritik dan saran tertuang dari forum ini demi kemajun Humas PTKIN kedepannya.
Dalam agenda selanjutnya diharapkan Humas bisa diberikan pelatihan secara profesiaonal demi menunjang tugas kehumasan untuk membranding PTKIN jadi lebih baik lagi.