web analytics

Tekan MoU: Rektor tawarkan beberapa kerjasama dengan Universiti Melaka

uin-suska.ac.id Seiring perubahan waktu, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau terus berbenah dan berubah untuk mencapai target yang diinginkan. Kamis (02/02/2023) Rektor dan civitas akademika UIN Suska Riau kembali menerima kunjungan silaturahmi serta menandatangani MoU dengan Universiti Melaka. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang command center lantai V Rektorat UIN Suska Riau ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rekkor I, II dan III, Kepala Biro AUPK dan AAKK, para Dekan dan kepala UPT di lingkungan UIN Suska Riau dan Rombongan dari Universiti Melaka.

Selama melakukan kunjungan lawatan ke Provinsi Riau, Rombongan Universiti Melaka akan melakukan kunjungan lawatan dan membangun Kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau dan beberapa Perguruan Tinggi dan diantaranya dengan Universitas Riau, UIN Suska Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Lancang Kuning dan Universitas Abdurrab. Mereka berharap kunjungan lawatan ini menjalin dan memperpanjang kerja sama dari bidang pendidikan, ekonomi, budaya dan sejarah.
Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Hairunnas, M.Ag dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari Universiti Melaka yang diketuai oleh Prof. Dr. H. Abdul Razak. P.hd. bin Ibrahim yang bertindak selaku Conselor Universiti Melaka. Rektor menyampaikan bahwa UIN Suska Riau dengan Universiti yang ada di Malaysia terhubung kait dengan baik apalagi dalam bentuk kerjasama, namun belum terukir indah dengan Universiti Melaka.
“Kita telah melakukan beberapa kerjasama dan telah action untuk student exchange dan student mobility dengan berbagai negara Belgia, Jerman, Kazakhstan, Turki dan Kyung Dong University (KDU) South Korea,” jelas Hairunnas. Dengan demikian Rektor menawarkan jika Universiti Melaka bisa berkerjasama dengan kita UIN Suska Riau terutama student exchange yang sangat membantu kita dalam proses perkuliahan yang sedang digalakkan pemerintah Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu Rektor juga menawarkan kerjasama untuk pengembangan program studi S.1 (Sarjana), S.2 (Magister) dan S.3 (Doktor), pengelolaan jurnal, pengembangan PLTS UIN Suska. “PLTS ini sudah menjadi pilot projet dan memberikan kontribusi besar untuk Indonesia dan lebih kurang 54 tenaga ahlinya alumni UIN Suska.” Teganya.


Prof. Dr. H. Abdul Razak. P.hd. bin Ibrahim selaku Conselor sekaligus Rektor Universiti Melaka dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Rektor UIN Suska Riau atas sambutannya sambil berucap bahwa kita bukan silang budaya tapi satu budaya. Prof Razak mengungkapkan bahwa lawatan ke Pekanbaru merupakan lawatan internasional pertama bagi Universiti Melaka setelah resmi menjadi universitas dimana sebelumnya lebih kurang 26 tahun masih Kolej Universiti Islam Melaka (KUIM).
“Lawatan kami ini dilaksanakan sebagai bentuk internasional activity setelah naik taraf setahun yang lalu dari Kolej Universiti Islam Melaka menjadi Universiti Melaka, lawatan ini juga dilaksanakan guna meningkatkan international activity bagi universiti kami,” ujar Prof Razak.


Harapannya pertemuan antara dua instansi pendidikan ini tidak hanya tertuang di secarik kertas saja tetapi juga harus dibuktikan dengan tindak lanjut pelaksanaan berbagai kegiatan akademis dan kolaborasi yang dapat bermanfaat bagi kedua lembaga pendidikan ini.
Prof. Razak juga menyambut baik rencana kerjasama yang ditawarkan Rektor UIN Suska Riau baik tingkat mahasiswa maupun dosen.
Kegiatan MoU ini diakhiri dengan pertukaran cendra hati dan foto bersama.