web analytics

LAUNCHING MINI BANK SYARIAH, FASIH GANDENG BSI KCP PEKANBARU SUDIRMAN ATAS

uin-suska.ac.id Fakultas Syariah dan Hukum (FASIH) UIN Suska Riau laksanakan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan BSI Kcp Pekanbaru Sudirman atas dilaksanakan di Aula FASIH UIN Suska Riau, Jumat (6/01/2023). Turut hadir pada kegiatan ini Dekan FASIH , wakil Dekan III, pimpinan cabang BSI Kcp Pekanbaru Sudirman Atas, kepala Labor Mini Bank Syariah FASIH, kabag Tu FASIH, serta Kepala Prodi dilingkungan FASIH.

Selain penandatanganan MoA, FASIH juga melaunching Mini Bank Syariah yang ditandai dengan pengguntingan pia oleh Dekan Fasih bersama Pimpinan BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas.

“Kegiatan MoA ini, selain memperkokoh kerja sama  antara FASIH dan BSI Kcp Pekanbaru, juga untuk menyambung tali silaturrahmi dalam rangka pengembangan  Bank Mini Syariah. Bank Mini Syariah ini merupakan area praktik bagi mahasiswa, harapannya dengan  adanya mini bank ini, akan membantu warga FASIH khususnya mahasiswa, dosen dan tendik dalam transaksi  perbankan,” ujar Dekan FASIH, Dr. Zulkifli, M.Ag.

Sementara itu Pimpinan BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas, Muhammmad Rusdi dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan  penandatanganan MoA adalah untuk melakukan kerjasama didalam membangun labor mini bank yang disebut dengan BSI Smart Agent. “Wacana ini sudah dibicarakan sejak awal tahun 2022, tetapi baru sekarang bisa terwujud. Dengan adanya Labor Mini Bank ini, kita dapat memperkenalkan Real Mini Bank  kepada mahasiswa. Diharapkan dapat  betul- betul menjalankan dan mengelola bisnis perbankan hingga menghasilkan profit, mulai dari membuat neraca, cara memanfaatkan dana serta transaksi perbankan. Nantinya disaat mereka terjun langsung kedunia perbankan, mahasiswa sudah mempunyai gambaran tentang perbankan.” ujar Muhammad Rusdi.

Selain itu, Muhammad Rusdi juga mengungkapkan rasa gembiranya atas kerjasama UIN Suska dalam hal ini FASIH yang menjadi mitra BSI untuk sama- sama mengembangkan potensi mahasiswa agar dapat siap pakai di dunia perbankan. Kegiatan ini diakhiri dengan demo transaksi perbankan oleh mahasiswa FASIH.

Penulis : Muzaiyanah