Kenakan Baju Adat Melayu Riau, Rektor Pimpin Upacara Peringatan HAB ke-77

uin-suska.ac.id Dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-77 tahun 2023 seluruh sivitas akademika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau meneyelenggarakan Upacara HAB di halaman depan gedung rektorat, Selasa (03/01/2023).

   

Ada yang berbeda dari upacara HAB Kemenag tahun ini yakni para peserta upacara diwajibkan menggunakan baju adat. Penggunaan baju adat ini guna menunjukkan kecintaan sekaligus melestarikan budaya Indonesia.  Rektor UIN Suska  sendiri beserta para pimpinan lainnya menggunakan baju adat melayu, baju teluk belanga lengkap dengan songketnya.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara  Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag membacakan pidato Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. Disamping membacakan pidato Menteri Agama, Rektor juga menghimbau para sivitas akademika untuk terus berkontribusi guna kemajuan UIN Suska Riau yang gemilang dan terbilang. “UIN Suska Riau juga terus berkiprah baik di tingkat nasional maupun internasional. Terbukti pada bulan November lalu Presiden Jokowi mengunjungi PLTS G-20 di Bali. PLTS ini merupakan PLTS terapung pertama di Bali tepatnya di waduk Muara Tukad. Dua Alumni UIN Suska Riau dari Prodi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi terlibat langsung dalam pembangunan ini.” ujar Rektor dengan bangga.

Selain pembangunan PLTS, UIN Suska Riau pada tahun ini juga meluncurkan 2 aplikasi baru yaitu IFins- SIAMAT (integrated Financial System Suska), Sistem informasi aman mudah akuntable transparan dan Aplikasi Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality.

Aplikasi SIAMAT merupakan aplikasi keuangan yang saling terintegrasi dan dilengkapi dengan tingkat keamanan berlapis. Aplikasi ini berbasis web yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja asalkan pengguna terkoneksi dengan akses internet. IFins SIAMAT juga memiliki beberapa fitur andalan yang akan membantu stakeholder dalam menjalankan peranan masing-masing.

 

Aplikasi kedua yang diluncurkan adalah aplikasi Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality, aplikasi ini merupakan hasil karya mahasiswa program studi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi.

Peringatan HAB ke-77 ini juga dimeriahkan dengan beberapa perlombaan yang sudah diadakan sebelumnya. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau pada tahun ini dipercayakan sebagai koordinator peringatan HAB ke-77.

 

 

 

 

 

About Humas UIN

Check Also

UIN Suska Riau dan IAIN SAS Bangka Belitung Tanda Tangani Perjanjian Kejasama

uin-suska.ac.id Jumat (13/01/2023), Bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Rektorat UIN Suska Riau, Rektor UIN Suska …