TAJA KULIAH UMUM, PRODI GEOGRAFI DATANGKAN PAKAR GEOGRAFI DARI UNP

 

uin-suska.ac.id Program studi pendidikan Geografi Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Suska Riau melaksanakan kuliah umum dengan mengusung tema “Kerangka Spatial dalam Pengembangan Ekonomi Wilayah Pedesaan”. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kamis (29/12/2022) ini berpusat  di Auditorium lantai 5 gedung Rektorat  dengan menghadirkan pakar Geografi dari Universitas Negeri Padang (UNP), tampak hadir pada kegiatan ini Wakil Rektor II dan III UIN Suska Riau, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Wakil dekan III FTK, Ketua Prodi dan Dosen pengajar di Prodi Geografi serta 300 orang mahasiswa Program Study Pendidikan Geografi.

Dalam kesempatan ini, Ketua Pelaksana  Dery Anzu Pratama dan Ketua HMPS Raja Pradigjaya turut menyampaikan kata sambutan dan laporan kegiatan. selain itu, ketua Program Studi pendidikan Geografi, Dr. Muslim. M.S, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa  kegiatan ini  bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa saat turun kemasyarakat agardapat mengembangkan keilmuannya berbasis penelitian dan pengabdian. “Kegiatan ini merupakan kegiatan awal dari HMPS yang baru terpilih, tidak hanya kuliah umum, Prodi Pendidikan Geografi  juga akan melaksanakan penjajakan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kampar,” ujar Muslim.

Dr. H. Kadar, M.Ag selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan  sangat menyambut baik terlaksananya kegiatan yang ditaja oleh Prodi Pendidikan Geografi ini. “Ilmu itu adalah sebuah hikmah dan ilmu harus kita tularkan kemasyarakat disekitar kita karena tidak ada negara yang maju kalau tidak ditunjang oleh pendidikan. Kita berharap dengan bertambah ilmu, bertambah pula ketaqwaan kepada Allah dan juga bertambah takut kepada Allah,” tegas Kadar.

Kuliah umum ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor II UIN Suska Riau, Dr. H. Mas’ud Zein, M.Pd. “Kegiatan-kegiatan  kuliah umum, workshop seperti ini haruslah diperbanyak, apalagi seperti hari ini, dimana Prodi pendidikan Geografi telah mendatangkan ahli Geografi dari UNP, untuk itu gali ilmu sebanyak-banyaknya dari narasumber yang telah didatangkan .“ Tegas Dr. Mas’ud Zein.

Selanjutnya kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi oleh 3 orang Narasumber yang merupakan pakar geografi dari Universitas Negeri  Padang (UNP)  yaitu Dr. yadi Antomi, M.Si, dengan materi konsep teori geografi ekonomi dalam pengembangan ekonomi pedesaan , Dedi Fitriawan, M.si ,dengan materi  Aplikasi SIG dalam pembangunan Infrastruktur data spatial pedesaan,  dan Dian Adhetya Arif, M.Sc dengan materi Aplikasi Pengindraan Jauh (PJ) dalam pembangunan Infrastruktur data spatial pedesaan.

Acara ditutup dengan sesi Tanya jawab dan foto bersama.

 

Penulis : Muzaiyanah

About Humas UIN

Check Also

UIN Suska Riau dan IAIN SAS Bangka Belitung Tanda Tangani Perjanjian Kejasama

uin-suska.ac.id Jumat (13/01/2023), Bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Rektorat UIN Suska Riau, Rektor UIN Suska …