TUTUP KEGIATAN PKDP: REKTOR BERHARAP LAHIRKAN GURU BESAR

uin-suska.ac.id Jum’at 23/12/2022, setelah seluruh rangkaian kegiatan Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) yang dilaksanakan selama lima hari resmi ditutup. Kegiatan ini ditutup langsung oleh Rektor UIN Suska Riau, yang bertempat di Ballroom Hotel Grend Jatra Pekanbaru. Pada kesempatan ini selain dihadiri Oleh Rektor UIN Suska Riau juga tampak Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Kepala Biro AUPK, Direktur Ma’had Aljami’ah, Sekretaris LPM, Kabag Akademik, kasubbag TU/RT, juga dihadiri oleh Tim dari PKDP Pusat yang juga merupakan Instruktur Nasional Pokja Moderasi Beragama yang hadir sebagai narasumber.


Sebagai kata pengantar Prof. Dr. Hj. Helmiati, M.Ag menyampaikan bahwa “program ini merupakan inservice training tahap 1, yang nanti akan dilanjutkan pada tanggal 26 Desember 2022 melalui media elektronik yang memanfaatkan learning management system dan akan berakhir pada bulan februari tahun 2023 setelah dilakukan expose dan presentasi. UIN Suska Riau sebagai Pelaksana Perguruan Tinggi (PTP) beruntung mendapatkan beberapa narasumber langsung dari pusat yang mempunyai kewenangan dalam penentuan hasil dan bekerja serius dibidangnya, untuk itu materi – materi yang sudah didapatkan selama pelatihan ini diharapkan dapat mengupgrade kemampuan kita semua terutama yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi, dimana sebagai dosen yang merupakan jabatan profesi dituntut untuk profesional agar tidak ketinggalan terutama diera digital dimana IT merupakan hal yang sangat penting, Rektor boleh hanya satu dalam 1 kampus, tetapi guru besar boleh sebanyak- banyaknya“, ungkap Helmiati.


Eva Ainul Falah, S.Ag, MA, selain sebagai nara sumber juga merupakan tim dari PKDP Pusat juga menyatakan bahwa ” UIN Suska telah berhasil melaksanakan kegiatan PKDP ini, kegiatan yang ditaja oleh Direktorat Pendidikan Islam ini bertujuan untuk menempa para dosen- dosen pemula dan memastikan para dosen tidak mengulangi persoalan seperti dosen- dosen sebelumnya yang belum benar- benar membina jabatan profesionalnya secara baik, memastikan para dosen mempunyai tools (perangkat) yang siap dipakai dalam mengampu mata kuliah, diantaranya terkait dengan pembelajaran, melakukan penilaian, serta menyusun artikel dan dipublikasikan ke jurnal scopus, meminimalisir stigma yang berkembang selama ini bahwa dosen masuk ke kelas mempersilahkan mahasiswa diskusi, komentar sedikit lalu selesai, mudah-mudahan dosen- dosen yang dalam program sertifikasi ini menjadi dosen- dosen yang karirnya meningkat dan profesional dalam menjalankan jabatan fungsionalnya”, harap Eva Ainul Falah.

Sementara itu Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Hairunas, M.Ag disela- sela menutup kegiatan ini menyampaikan harapannya semoga kedepannya peserta yang mengikuti kegiatan ini akan lebih banyak lagi, guru besar merupakan target utama”, tegas Hairunas.

penulis : Muzaiyanah

About Humas UIN

Check Also

UIN Suska Riau dan IAIN SAS Bangka Belitung Tanda Tangani Perjanjian Kejasama

uin-suska.ac.id Jumat (13/01/2023), Bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Rektorat UIN Suska Riau, Rektor UIN Suska …