web analytics

TUTUP KEGIATAN RMB, REKTOR BERHARAP RASA KEMODERATAN MENJADI RAHMATAN LIL’ALAMIN

uin-suska.ac.id Pelaksanaan Pelatihan Penguatan Moderasi Beragama Kementerian Agama RI PTP UIN Suska Riau tahun 2022 yang diselenggarakan selama lima hari (9 s.d 13 Desember 2022) di Aryaduta Hotel Pekanbaru secara resmi ditutup oleh Rektor UIN Suska Riau.
Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I UIN Suska Riau, Kepala Biro AUPK, Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Wakil Dekan Fakultas Ushuluddin dan dari Program Pascasarjana.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana dan peserta kegiatan. “Kita semua dalam beberapa hari ini ditempa bukan karena kita tidak hidup dalam moderat, tapi kita ingin meyakinkan diri kita bahwa kita sudah lama mengamalkannya. Bagaimana hidup dengan siapapun dan kita tau apa yang kita lakukan dari dulu sampai sekarang itu adalah bagian dari moderasi, upaya kita untuk menjadi moderat, sekalipun diantara kita masih ada yang menghujat, menyalah-nyalahkan, yang benar kita sendiri, yang lain salah. Inilah yang harus kita luruskan kembali.” Ujarnya.


“Melalui kegiatan ini, rasa kemoderatan di tengah keberagaman harus kita pupuk sehingga kita hidup sebagai bangsa yang bisa menjamin kemaslahatan umat manusia, menjadi rahmatan lil’alamin yang mampu memberikan manfaat dan bersama merawat kebangsaan dan ke-Indonesiaan.” Tegas Guru Besar Psikologi Islam UIN Suska Riau ini.
Pada kesempatan ini, Rektor UIN Suska Riau memberikan cenderahati kepada para narasumber fasilitator dan juga kepada para peserta melalui beberapa kategori. Peserta teraktif I diraih oleh Dr. Yani Lubis, M. Hum dari UIN Sumatera Utara, Peserta teraktif II diraih oleh Laras Sesa, MH dari IAIN Curup Bengkulu dan Peserta Terinspiratif diraih oleh Dr. Siti Mahmudah, M.Ag dari UIN Raden Intan Lampung. Kegiatan pelatihan ini ditutup dengan sesi foto bersama.

Penulis : Nurazmi