web analytics

Pelatihan Penguatan Moderasi Beragama Dapat Antusias Penuh dari Peserta

uin-suska.ac.id Kegiatan Program Pelatihan  Penguatan Moderasi Beragama Tahun Anggaran 2022 melalui pendanaan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP) PTP UIN Suska Riau  yang bertempat di Arya Duta Hotel Pekanbaru memasuki hari kedua.

Kegiatan hari ini diisi oleh Fasilitator dari UIN Raden Fatah Palembang. Para fasilitator mengawali kegiatan dengan melakukan game edukasi yang bisa menambah mood peserta. Para peserta pun sangat antusias dan bersorak gembira memulai pelatihan.

Kegiatan diskusi juga diberikan kepada peserta agar mereka bisa mengemukakan pendapat mengenai moderasi beragama sekaligus bisa bertukar pikiran dengan peserta lainya. Adapun Materi yang diberikan fasilitator yaitu mengenai Analisis Sosial dengan Perangkat Gunung Es dan Proses U serta  Theologi Moderasi Beragama dalam Perspektif Agama Islam.

Direktur Pendidikan tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. M. Arskal Salim, GP, MA juga memaparkan materi secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dengan tema Sketsa kehidupan Keberagamaan di Indonesia. Meskipun menyampaikan materi secara virtual, hal ini tidak mengurangi semangat peserta untuk mengikuti pelatihan.

Pada kesempatan yang sama Narasumber lain yang juga menyampaikan materi secara virtual yaitu Dr. H. Suwendi dengan materi berjudul Konsep Moderasi Bergama Kementrian Agama. Dr. H. Suwendi kerap menyapa peserta dan intens melakukan Tanya jawab dengan peserta. Dari awal beliau mengisi materi juga sudah terjadi interaksi dengan peserta. Peserta pelatihan pun juga sangat antusias mendengar materi yang disampaikan beliau.

Kegiatan Pelatihan Moderasi Bergama ini rencananya akan berlangsung sampai 13 Desember mendatang. Panitia penyelenggara UIN Suska Riau juga selalu menerapkan protokol kesehatan kepada peserta dan tak lupa pula memberikan Suplemen tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama kegiatan berlangsung .

Penulis                 : Sukmawati