Harapan Wakil Rektor III UIN Suska Riau pada Pembukaan Pelatihan Penguatan Moderasi Beragama Kemenag RI Tahun 2022

uin-suska.ac.id Melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama Republik Indonesia, UIN Suska Riau dipercaya untuk melaksanakan kegiatan Program Pelatihan Penguatan Moderasi Beragama pada tahun 2022 ini. Kegiatan yang diperuntukkan bagi dosen di bawah Kementerian Agama ini dilaksanakan disalah satu hotel di Pekanbaru dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III UIN Suska Riau, Jum’at, (08/12/2022). Tampak hadir pada acara pembukaan tersebut Kepala Biro AUPK, para Dekan di lingkungan UIN Suska Riau dan dua orang Narasumber fasilitator dari UIN Palembang. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu menciptakan keharmonisan, kedamaian dan toleransi ditengah-tengah masyarakat menuju Indonesia maju.

Prof. Edi Erwan, S.Pt., M.Sc., Ph.D sebagai Wakil Rektor III yang mewakili Rektor UIN Suska Riau menyampaikan ucapan terimakasih, terutama kepada peserta yang berasal dari luar Provinsi Riau semoga pelatihan 5 hari kedepan akan menyenangkan,  memberikan pencerahan dan tentunya pada akhirnya berhasil dengan prediket lulus. Kegiatan ini semata-mata mempersiapkan dan meningkatkan kapasitas sekaligus kompetensi moderasi beragama khususnya bagi para dosen sebagai sarana memeperkuat semangat beragama dan komitmen berbangsa di Indonesia “Beragama pada hakekatnya adalah ber-Indonesia, dan ber-Indonesia hakekatnya beragam.” pungkas Prof. Edi. Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan masyarakat berkehidupan yang harmonis, damai, toleransi menuju Indonesia maju serta pengukuhan agen moderasi beragama.

“Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan, mengingat para dosen adalah salah satu ujung tombak bagi pelayananan Kementerian Agama di PerguruanTinggi, selain egiatan ini merupakan program prioritas dari Kementerian Agama bahkan sudah menjadi slogan ditambah lagi moderasi beragama merupakan salah satu modal yang harus dimiliki oleh setiap individu dalam menjalani peran social ditengah-tengah masyarakat yang multikultural,” jelas Prof. Edi.

Dalam laporan ketua panitia program pembinaan penguatan moderasi beragama yang juga kepala Ma’ahad UIN Suska Riau Dr. Azni, M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan ini bernama Program Pelatihan Penguatan Moderasi Beragama Kementerian Agama Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) UIN Suska Riau tahun 2022 yang dibiayai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan. Waktu pelaksanaan kegiatan ini selama 5 hari terhitung dari tanggal 9 hingga 13 Desember 2022 dengan jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 42 orang yang terdiri dari 12 orang dosen dari UIN Suska Riau dan30 orang dari UIN, IAIN dan STAIN yang ada di Sumatera.

Lebih lanjut Dr. Azni menyampaikan bahwa proses rekrutmen peserta pelatihan ini langsung dilaksanakan oleh Diktis Kementerian Agama dan UIN Suska hanyalah sebagai penyelenggara kegiatan. Sementara itu untuk narasumber dalam kegiatan ini juga ditetapkan oleh Diktis Kementerian Agama yang terdiri dari narasumber ahli,  narasumber fasilitator dan narasumber pendukung. Sedangkan biaya dari pelaksanaan ini ditanggung sepenuhnya oleh LPDP Kementerian Keuangan melalui Diktis Kementerian Agama. “Mengingat pentingnya output dari kegiatan ini mari kita ikuti kegiatan ini sebaik mungkin,” pungkas Azni.

About Humas UIN

Check Also

UIN Suska Riau dan IAIN SAS Bangka Belitung Tanda Tangani Perjanjian Kejasama

uin-suska.ac.id Jumat (13/01/2023), Bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Rektorat UIN Suska Riau, Rektor UIN Suska …