Wujudkan UIN Suska Unggul, LPM UIN Suska Riau Gandeng UIN Jogyakarta

uin–suska.ac.id Dalam rangka mewujudkan UIN Suska Riau yang unggul, LPM UIN Suska Riau menggandeng LPM UIN Suka Yogyakarta dengan mengadakan Sosialisasi Islamic Quality Assurance (AIQA) dan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) sekaligus kerjasama antara LPM UIN Suka Yogyakarta dengan UIN Suska Riau. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai  tanggal 25-26 November 2022 yang bertempat di ruang Rapat Senat lantai V gedung Rektorat dan dihadiri oleh Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Kepala Biro AUPK, Kepala LPM dan Sekretaris serta seluruh Ketua Prodi di lingkungan UIN Suska Riau.

Adapun narasumber pada kegiatan ini yaitu Direktur Excecutive AIQA yang juga merupakan Ketua Lembaga Penjamin Mutu UIN Suka Yogyakarta, Dr. Muhammad Fakhri Husein, SE, MM, Sekretaris LPM UIN Suka, Nuristighfari Masri Khaerani, S.Psi, M.Sc dan Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu Akademik UIN Suka Yogyakarta, Dr. Epha Diana Supandi, S.Si, M.Sc.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh  Wakil Rektor I UIN Suska Riau, Prof. Dr. Hj. Helmiati, M.Ag. “melalui Kegiatan ini saya berharap UIN Suska bisa melakukan konversi akreditasi beberapa program studi yang tadinya menggunakan 7 standar kemudian mengacu kepada 9 standar. Beliau juga meghimbau kepada pihak LPM agar mempersiapkan anggaran untuk melakukan persiapan konversi ini dan tentunya ketua prodi juga mempersiapkan diri untuk melakukan konversi di tahun 2023” tegas Wakil Rektor I UIN Suska Riau.

Lebih lanjut disampaikannya  bahwa pada kesempatan ini juga akan dilakukan Sosialsisasi Islamic Quality Assurance (AIQA). AIQA sendiri merupakan lembaga penjamin mutu di bawah payung Asian Islamic Universities Asosiation (AIUA). AIUA adalah Asosiasi Perguruan Tinggi Islam Asia yang mencakup beberapa Perguruan Tinggi Islam di Indonesia, Islamic Higher Education di Malaysia, Thailand dan Brunei Darussalam. AIUA sendiri berdiri tahun 2015 dan Rektor UIN Suska Riau periode 2014 – 2018  Prof. Dr. Munzir Hitami, MA di daulat menjadi presiden AIUA yang pertama.

Sementara itu, Kepala LPM UIN Suska Riau, Dr. Hasbullah, M.Si menyempaikan bahwa kegiatan ini sempat mengalami beberapa kendala ,tetapi Alhamdulillah berkat izin Allah kerjasama antara LPM UIN Suska Riau dan LPM UIN Suka Yogyakarta dapat diselenggarakan juga. “saya juga berharap kegiatan pedampingan seperti ini akan terus kita lakukan di tahun yang depan guna meningkatkan akreditasi Universitas maupun  prodi, sebagaimana yang kita ketahui kegiatan ini sangat erat hubungannya dengan akreditasi”, Ujar Hasbullah.

Penulis                 : Sukmawati

About Humas UIN

Check Also

UIN Suska Riau dan IAIN SAS Bangka Belitung Tanda Tangani Perjanjian Kejasama

uin-suska.ac.id Jumat (13/01/2023), Bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Rektorat UIN Suska Riau, Rektor UIN Suska …