Penandatangan MoU dan 7 MoA secara virtual antara UIN Suska Riau dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Shah Alam, Malaysia

uin-suska.ac.di Dalam rangka penguatan kualitas akademik dosen di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Rektor bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) telah menandatangani 7 Memorandum of Agreement (MoA) dengan UiTM secara virtual (Senin, 14 Nopember 2022). Seremonial yang dilaksanakan di Ruang Rapim Gedung Rektorat Lt.4, pihak UiTM dipimpin langsung oleh Professor Dr Jamaliah Said sebagai Director of Accounting Research Institute (ARI – HICoE), Professor Dr. Norhayati Mohamed yang menjabat Wakil Direktur Pascasarjana & Hubungan Internasional, Prof Madya Dr Sharifah Norzehan Syed Yusuf sebagai Wakil Direktur Riset & Inovasi, Prof Madya Dr Nor Balkish Zakaria sebagai dosen senior UiTM. Sementara dari UIN Suska Riau dipimpin langsung oleh Rektor, Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag; Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Prof. Dr. Hj. Helmiati, M.Ag; Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan dan Perencanaan Dr. H. Mas’ud Zein, M.Pd; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Edi Erwan, S.Pt.,M.Sc.,Ph.D, Kepala LPPM Prof. DR. Lenny Nofianti, M.Si dan team LPPM UIN Suska Riau.

 

Kegiatan ini juga diawali dengan sambutan oleh Professor Dr Norazah sebagai Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UiTIM, yang menyampaikan apresiasi, terima kasih atas dukungan dan kerjasama UIN Suska Riau kepada UiTM untuk mensukseskan collaborative research projects dengan UiTM. “Dalam beberapa bulan kedepan, para peneliti dari UIN Suska Riau dan UiTM akan membuat 7 riset bersama yaitu (1) Intention and tendency for make-up accounting with religiosity and culture; (2) Human capital, syariah compliance SMEs and performance; (3) Syariah financial literacy towards inclusivity tertiary education; (4) Extending technology adoption theories: The role of perceive cybercrime risk; (5) The influence of organization capacity among cooperatives and SMEs; (6) Ethics content in curriculum effect on ethical perception among students; and (7) Tax volunteer via education: A survey on tax awareness and tertiary education” tutur Professor Dr. Norazah.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UIN Suska Riau, Prof. DR. Khairunnas Rajab, M.Ag menegaskan bahwa “meskipun secara fisik tidak langsung bertemu dengan pimpinan UiTM untuk proses penandatangan MoU dan MoA, namun hal ini tidak menjadi hambatan bagi UIN Suska Riau untuk terus membangun kerjasama dengan berbagai universitas bereputasi di Malaysia khususnya dengan UiTM”. Lebih lanjut, rektor yang merupakan alumni Malaya University ini memberikan stressing bahwa “7 MoA dalam bentuk joint research dengan ARI UiTM ini bertujuan untuk terus mempercepat pencapaian indikator kinerja utama (IKU) dan pencapain visi dan misi UIN Suska Riau yang Gemilang dan Terbilang khususnya melalui program kerja sama dengan universitas terkemuka di luar negeri”.

Selain itu, UiTM dan UIN Suska Riau juga sedang mempersiapkan program-program prioritas lainnya yang dapat meningkatkan mutu akademik baik untuk para dosen, mahasiswa maupun pegawai. “student exchange program, students’ mobility, joint supervisions, and visiting professors perlu dipersiapkan untuk mengisi kerjasama antar kedua belah pihak karena program-program ini dapat memperkuat bargaining positions kedua universitas” tegas Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag. Melalui implementasi kerjasama ini juga dapat memberikan sumbangsih positif bagi kemajuan UIN Suska Riau sekaligus menjadi magnet bagi universitas-universitas lain untuk aktif berkolaborasi dengan kampus yang memiliki visi Gemilang dan Cemerlang ini” pungkas mantan Dekan Fakultas Psikologi

Penulis : M. Abshor

About hendry

Check Also

Wujudkan UIN Suska Unggul, LPM UIN Suska Riau Gandeng UIN Jogyakarta

uin–suska.ac.id Dalam rangka mewujudkan UIN Suska Riau yang unggul, LPM UIN Suska Riau menggandeng LPM …