Panitia Rencana Proyek Perubahan Transpormasi Pengelolaan Dana BLU UIN Suska Riau Bahas Desain Aplikasi

uin-suska.ac.id Konsep Pengelolaan Keuangan Dana Badan Layanan Umum (BLU) tertuang dalam Undang-undang Nomor 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara. BLU adalah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip  efisiensi dan produktivitas.

Sebagai bentuk progress pelaksanaan kegiatan Pendidikan Kepemimpinan Nasional II (PKN) yang sedang diikuti oleh Dr. H. Ahmad Supardi, MA yang sebelumnya juga menjabat sebagaiKepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) UIN Suska Riau lanjutkan kegiatan pertemuan dengan mengadakan rapat sebagai tindak lanjut rencana proyek perubahan  “Transformasi Pengelolaan Dana BLU pada UIN Suska Riau”, Kamis (10/11/2022) di ruang rapat Biro lantai II. Rapat lanjutan ini membahas tentang desain aplikasi yang akan dijadikan dasar membagun aplikasi yang diinginkan.


Sejak tahun 2009, UIN Suska Riau telah menerapkan BLU sebagai pola pengelolaan keuangan di universitas kita ini.Hingga tahun ke-13 ini, sistem pengelolaan dana BLU yang diterapkan UIN Suska Riau ini masih dilakukan secara manual”papar Ahmad Supardi

Lebih lanjut Ahmad Supardi menjelaskan dengan adanya persetujuan dan dukungan dari Rektor UIN Suska Riau ini saya bisa menyelesaikan proyek perubahan tranformasi pengelolaan dana BLU dari manual pindah menggunakan aplikasi, dimana aplikasi ini akan di desain oleh beberapa yang telah di tunjuk sebelumnya. Proyek perubahan pengelolaan BLU merupakan langkah awal pembaharuan manajemen keuangan sektor publik demi peningkatkan pelayanan di universitas. Semoga kedepannya UIN Suska Riau semakin Gemilang dan Terbilang dan saya berharap tentunya aplikasi ini bisa dipergunakan seterusnya  ungkap Ahmad supardi.

Pertemuan kali ini juga menghadirkan Bantuan, ST dan tim sebagai Information Technology (IT) dan juga membantu mendesain Aplikasi, yang mana nantinya aplikasi tersebut akan di sesuaikan dengan kebutuhan pada pengelolaan BLU UIN Suska Riau.


Aplikasi ini terdiri dari 8 modul yaitu: Admin, Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP), Modul Pengelolaan Keuangan, Verifikator, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Bendahara Pengeluaran, Bendahara Penerimaan, Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)” papar Bantuan.

Desain aplikasi ini direncanakan akan rampung pada akhirNovember 2022 dan akan dilaunching pada tanggal 3 Januari2023 bertepatan dengan hari Amal bhakti Kementerian Agama yang Ke-77 .

Penulis : Sri Hastuti

 

About hendry

Check Also

Wujudkan UIN Suska Unggul, LPM UIN Suska Riau Gandeng UIN Jogyakarta

uin–suska.ac.id Dalam rangka mewujudkan UIN Suska Riau yang unggul, LPM UIN Suska Riau menggandeng LPM …