Workshop Strategi dan Kebijakan MoU, MoA dan PKS Untuk UIN Suska Riau yang Gemilang dan Terbilang

uin-suska.ac.id Dalam rangka memacu dan menyamakan persepsi pelaksanaan kerjasama di lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau, Bagian Kerjasama taja Workshop dengan tema “Strategi dan Kebijakan MoU, MoA dan PKS pada Bagian Kerjasama UIN  Suska Riau”, Rabu (09/11/2022). Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu Hotel di Pekanbaru ini dihadiri oleh Wakil Rektor III, Biro AUPK, Wakil Dekan III se-UIN beserta satu orang tenaga operator, Kepala UPT dan Lembaga beserta satu orang tenaga operator, BPJS Ketenagakerjaan, BTN Syariah, Kesra Pemprov, UNRI, dan Aulia Hospital seta narasumber yaitu Dr. Idrus Ruslan, M.Ag Wakil Rektor III UIN Raden Intan Lampung dan Prof. Dr. Syaiful Bahri, M.Si Wakil Rektor IV Universitas Riau

Ketua Panitia workshop Hj. Fitry Yenty, S.Ag dalam laporannya menyampaikan bahwa latar belakang dari kegiatan ini adalah mencermati hasil monev dan bencmarking yang dilakukan oleh bagian kerjasama UIN Suska Riau ke beberapa Perguruan Tinggi. “Ada hal-hal yang mesti kita perbaiki dan lakukan perubahan di institusi kita ini agar kedepan pelaksanaan  Memorandum of Understanding (MoU), (MoA) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) bisa dilakukan dengan satu pintu”, terang Fitry.

Sementara itu Rektor UIN Suska Riau yang diwakili oleh Wakil Rektor III Prof. Edi Erwan, S.Pt., M.Si., Ph.D dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting kita laksanakan karena merupakan lanjutan atau feedback dari hasil monev dan bencmarking yang sudah dilakukan oleh bagian kejasama dan perlu tindak lanjut demi pelaksanaan MoU, MoA dan PKS bagi UIN Suska Riau. Sehingga diharapkan ide-ide cemerlang, gagasan-gagasan berlian dalam workshop ini akan dapat memantapkan  wujud dari MoU yang diimplementasikan melalui MoA dan PKS.

Lebih lanjut Prof. Edi Erwan menyampaikan bagaimana pentingnya MoU ini bagi sebuah institusi Perguruan Tinggi terutama dengan adanya regulasi-regulasi yang mengharuskan kita untuk mengisi ruang-ruang penting yang salah satunya dalam standar Indek Kinerja Utama (IKU). Demikian juga bagaimana pentingnya dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan pengisian borang Akreditasi yang memiliki porsi cukup besar. “Melalui Workshop ini, kita berharap dapat menata kembali dan menggali informasi sehingga bersama-sama mewujudkan kerjasama baik dalam konteks MoU, MoA maupun PKS sehingga tujuan kita sama-sama dapat tercapai”, tegas Edi.

Setelah Workshop Strategi dan Kebijakan MoU, MoA dan PKS ini dibuka oleh Prof. Edi Erwan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber pertama Dr. Idrus Ruslan, M.Ag dengan tema “SOP dan Implementasi MoU, MoA/PKS dengan Stake Holder (Keterkaitan Rektor, Wakil rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Biro dan Koordinator Kerjasama)” dan narasumber kedua Prof. Dr. Syaiful Bahri, M.Si dengan tema “Pola dan Tata Kelola Implementasi MoU, MoA/PKS” dan kegiatan diakhiri dengan diskusi bersama dengan tema “Paparan Implementasi SOP MoU, MoA/PKS dan Rencana Action Plan Pelaksanaan MoU, MoA/PKS yang disampaikan oleh Prof. Edi Erwan, S.Pt., M.Sc., Ph.D dan Drs. H. Yasrizal M.Ag.

Penulis : M. Huzaini

About hendry

Check Also

Wujudkan UIN Suska Unggul, LPM UIN Suska Riau Gandeng UIN Jogyakarta

uin–suska.ac.id Dalam rangka mewujudkan UIN Suska Riau yang unggul, LPM UIN Suska Riau menggandeng LPM …