PESERTA PERTIKA V LAKUKAN WISATA EDUKASI

uin-suska.ac.id Diantara kegiatan para peserta Pertika V adalah wisata edukasi, pada hari ke 4 Jum’at, 04/11/2022, sebanyak 100 orang peserta dan panitia yang dikomandoi oleh kakak Zeny Mulia Putri melakukan kunjungan ke kantor Bank Indonesia dan Masjid Raya Pekanbaru. Di kantor Bank Indonesia peserta Pertika disambut langsung oleh Asisten Direktur Bank Indonesia ibu Dini Nur Setiawati dan tim.

Dini Nur Setiawati dalam sambutannya menjelaskan bahwa Bank Indonesia adalah Bank Sentral Republik Indonesia sesuai Pasal 23D Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia, yang bertujuan untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Untuk mencapai tujuan tersebut Bank Indonesia bertugas untuk mengelola tiga bidang yaitu Moneter, Sistem Pembayaran, dan Stabilitas Sistem Keuangan. Selanjutnya pemaparan materi tentang aplikasi QRIS dan mengenal Rupiah (cinta, bangga, paham rupiah). Peserta sangat antusias mendengarkan pemaparan materi tersebut, terlihat dari banyaknya para peserta mengajukan dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan Bank Indonesia.

Pada sesi kedua di jam siang dengan group yang berbeda, wisata edukasi yang dikenalkan adalah salah satu dari 42 situs cagar budaya di Kota Pekanbaru. Dulu kawasan cagar budaya ini lebih dikenal dengan sebutan perkuburan Mesjid Raya atau Kuburan Raja. Namun sejak tahun 2004 yang lalu namanya berubah menjadi Komplek Makam Marhum Pekan, karena memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi atas keberadaan Kota Pekanbaru sebagai ibu kota Provinsi Riau, Disini peserta disambut langsung oleh pengurus Masjid Raya Pekanbaru dan sebelum mengunjungi makam peserta melaksanakan sholat ashar berjama’ah terlebih dahulu.

Komplek Makam Marhum Pekan terdapat beberapa makam diantaranya Makam Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah (Marhum Pekan, Sultan ke-5 kerajaan Siak), Makam Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Marhum Bukit, Sultan ke-4 kerajaan Siak ), Makam Sayid Osman Sahabuddin (Marhum Barat, Panglima kerajaan Siak/menantu Sultan Alam), Makam Sultanah Khodijah atau Daeng Tijah (Istri Marhum Bukit), Makam Tengku Embong Badariah (Istri Marhum Barat), Makam Sayid Zen Al Jufri/Tengku Pangeran Kesuma Dilaga (cucu Sultan Alam/Panglima perang kerajaan Siak).
Meskipun hari sudah menjelang sore, namun antusiasme peserta Pertika V tetap tinggi, terlihat banyaknya pertanyaan seputar kerajaan Siak yang diajukan kepada Ahli kunci Makam Marhum Pekan.

Penulis : Muzaiyanah

About hendry

Check Also

Wujudkan UIN Suska Unggul, LPM UIN Suska Riau Gandeng UIN Jogyakarta

uin–suska.ac.id Dalam rangka mewujudkan UIN Suska Riau yang unggul, LPM UIN Suska Riau menggandeng LPM …